Manfaat dan Fungsi Vitamin A Bagi Tubuh Manusia

Sponsored Link
Ads[300x250]
Vitamin A - Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak. Ada dua jenis vitamin A ditemukan dalam makanan. Yaitu, Performed vitamin A yang dapat anda temukan di dalam produk hewani. Pro-vitamin A ditemukan dalam makanan nabati seperti buah-buahan dan sayuran. Jenis yang paling umum dari pro-vitamin A adalah beta-karoten.

Tidak hanya berasal dari hewani dan nabati saja, Vitamin A juga tersedia dalam suplemen diet, biasanya dalam bentuk retinil asetat atau retinil palmitat (preformed vitamin A), beta-karoten (pro-vitamin A) atau kombinasi dari preformed dan pro-vitamin A.

Vitamin A
Vitamin A


  1. Meningkatkan kekebalan tubuh
  2. Menjaga aktivitas oksidan
  3. Penyembuhan luka
  4. Menjaga kesehatan mata
  5. Mencegah kanker payudara
  6. Membantu menjaga pertumbuhan dan perkembangan embrio pada janin


  • Sumber vitamin A dari hewani

Sumber makanan yang memiliki kandungan Vitamin A berasal dari sumber hewani seperti: telur, daging, susu, keju, krim, hati, ginjal,  minyak ikan halibut DLL. Namun, semua sumber-sumber ini - kecuali susu skim yang telah diperkaya dengan Vitamin A, karena mengandung tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

  • Sumber vitamin A dari nabati

Sumber makanan yang memiliki kandungan Vitamin A berasal dari sumber Nabati seperti: melon, jeruk, paprika, buah naga, wortel, labu , ubi jalar, sayur bayam, brokoli, sayuran berdaun DLL.
Oh iya, semakin intens warna dari buah atau sayuran, semakin tinggi juga kandungan beta-karoten.

  • Efek Samping

  1. Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin A, kemungkinan besar anda akan mudah terserang penyakit menular dan juga kurangnya kesehatan pada mata(masalah penghilatan).
  2. Efek samping Jika anda mengkonsumsi terlalu banyak kandungan vitamin A. Kerusakan hati, tulang, dan gangguan penghlihatan. Dosis besar vitamin A juga dapat menyebabkan cacat lahir. Tanda dari kelebihan vitamin A dapat anda ketahui melalui telapak tangan dan kelopak mata yang berwara kuning.


  • rekomendasi

Dewan Pangan dan Gizi dari Institut of Medicine - Dietary Reference Intakes (DRIs) Direkomendasikan Intakes untuk kebutuhan vitamin A setiap Individu:

Bayi (rata-rata asupan)
0-6 bulan: 400 mikrogram per hari (mcg / hari)
7 - 12 bulan: 500 mcg / hari

Anak-anak (RDA)
1 - 3 tahun: 300 mcg / hari
4 - 8 tahun: 400 mcg / hari
9-13 tahun: 600 mcg / hari

Remaja dan Dewasa (RDA)
Pria usia 14 dan lebih tua: 900 mcg / hari
Wanita usia 14 dan lebih tua: 700 mcg / hari

Berapa banyak dari setiap vitamin yang Anda butuhkan tergantung pada usia dan jenis kelamin. Faktor-faktor lain, seperti kehamilan dan kesehatan Anda. Jangan lupa tanyakan juga kepada dokter tentang apa dosis yang tepat dan terbaik untuk Anda.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat dan Fungsi Vitamin A Bagi Tubuh Manusia" ini dapat berguna untuk kita smua. Terima Kasih!
Ads[300x250]