Manfaat dan Khasiat Buah Tin Atau Ara

Sponsored Link
Ads[300x250]
Manfaat dan Khasiat Buah Tin Atau Ara - Pernah membaca atau mendengar tentang Buah Tin? Kalau belum. Dapat anda simak dan baca, karena infomuu akan membahas dan berbagi informasi seputar Buah Tin untuk teman". 
Tin adalah salah satu tumbuhan yang dapat menghasilkan buah-buahan yang memiliki begitu banyak manfaat dan khasiat baik untuk kita. kandungan dari buah Tin atau Ara ini juga sangat banyak mulai dari Vitamin A hingga Zinc(dapat anda simak di tabel bawah nanti :D). 

Allah SWT pernah Bersumpah atas nama Tin dan Zaitun karena Kemulian dan Keagungan dari kedua Buah Surgawi ini(QS Surah At-Tin ayat 1). Inilah yang menjadi alasan buah ini sering disebut sebagai "Buah Surga". Buah ini juga disebutkan dalam 4 kitab suci yang ternyata memiliki begitu banyak manfaat bagi manusia. Dan tidak hanya itu. Di dalam sejarah, buah Tin juga sudah terkenal sejak 4000 tahun silam. 

Berikut ini Tabel tentang Kandungan Buah Tin atau Ara:
Kandungan Buah Tin
Belakangan ini, Pohon Tin telah banyak tumbuh dan dibudidayakan secara mordern di negara Timur Tengah, Mediterania dan bahkan sampai di negara kita, Indonesia. Namun tanaman ini masih jarang atau sulit ditemui di Indonesia, karena hanya segelintir orang yang membudidayakan dan mengambil manfaatnya. Padahal di negara Timur Tengah dan Eropa, Buah Tin adalah buah mewah dan mahal, bahkan dulunya hanya dapat dikonsumsi oleh kalangan bangsawan saja.

Hmm, setelah kita berbincang-bincang tentang kandungan dan lain". Pasti anda akan sangat penasaran kan apa saja sih Manfaat dan Khasiat dari buah Surga ini. Yuk! langsung saja simak dibawah ini!



Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

  • menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga dari serangan jantung.

Kandungan omega 3, 6 dan kalium, fenol dan magnesium di dalam buah tin membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga dari serangan jantung.

  • mengurangi kolesterol

Serat larut dari buah tin disebut pektin membantu mengurangi kolesterol darah. Ketika melewati sistem pencernaan, serat pektin akan menyapu bola-bola kolesterol di usus lalu membawanya keluar.

  • mengontrol hipertensi

Buah tin atau buah ara menurunkan dan mengontrol darah tinggi karena buah tin tinggi akan kalium dan mineral berperan mengontrol hipertensi. Orang-orang banyak yang kekurangan kalium karena menghindari makan sayur dan buah-buahan dan banyak mengkonsumsi natrium (bahan yang digunakan pada makanan kemasan atau instan).

  • Kencing manis atau Penyakit diabetes

Serat di dalam buah tin memperlambat proses penyerapan glukosa pada usus kecil. Gabungan zat dalam buah tin yaitu serat tinggi dan karbohidrat dalam bentuk ringkas yaitu glukosa serta fruktosa yang mampu mengontrol kadar dari gula darah. Jadi walau rasa buah tin manis, namun aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan kencing manis.

  • mengurangi risiko kanker

Mengkonsumsi buah tin secara rutin membantu mengurangi risiko kanker Payudara dan kanker kolon (usus besar). Karna buah tin atau ara mengandung “polyphenols” yang cukup tinggi; dimana zat ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang penting bagi tubuh, dimana antioksidan bisa mengurangi efek radikal bebas yang menyebabkan kanker. Selain itu, tingginya kadar serat pada buah tin dapat mengikat zat karsinogen yang memicu timbulnya kanker pada saluran cerna.

  • Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium serta kalium buah tin atau ara dapat mencegah penipisan/pengeroposan tulang atau osteoporosis, sekaligus membantu meningkatkan kepadatan pada tulang. Dalam buah tin/ara mengandung kalsium, jumlahnya lebih tinggi dari kalsium yang terdapat pada susu. Kalium dalam buah ara melawan hilangnya kalsium melalui urin sehingga dapat mencegah kandungan tulang menipis.

  • Terapi Pengobatan

Tingginya kalsium buah tin menjadikan buah ini sebagai kalsium alternatif yang baik, utamanya pada terapi pengobatan bagi orang yang alergi terhadap susu.

  • Menggemukkan Badan

Bagi orang yang kurus, perpaduan buah tin dengan susu bisa membantu meningkatkan berat badan dengan cepat, baik dan seimbang.

  • Mengatasi Insomnia

Triprofan pada buah tin, menginduksi tidur lebih baik dan membantu menyingkirkan pengganggu pada tidur Anda seperti insomnia.

  • Meningkatkan stamina serta memori otak

Mengkonsumsi buah tin memulihkan kondisi badan dari kelelahan setelah beraktifitas, meningkatkan memori otak dan mencegah penyakit anemia. Hasil penelitian menemukan bahwa buah tin termasuk buah dapat meningkatkan pembentukan hemoglobin pada darah.

  • Mengandung senyawa anti-kanker

Buah tin ini TIDAK mengandung lemak, garam dan kolesterol, tetapi mengandung kalium, serat, kalsium dan zat besi yang tinggi. Buah ini memiliki kandungan sodium yang sangat rendah. Buah tin juga kaya benzaldehida (senyawa anti-kanker serta beta-karoten). Selain itu, buah ara juga mengandung vitamin penting bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B, dan juga vitamin C.

  • Memperlancar BAB

Manfaat dari laksatif memperlancar BAB, mengkonsumsi buah tin membantu untuk mengobati penyakit sembelit kronis. Buah tin sejak dahulu dikenal sebagai obat pencahar alami bagi tubuh.

  • Penyembuhan wasir atau ambeien 

Konsumsi harian buah tin adalah obat yang efektif untuk terapi penyembuhan wasir atau ambeien (Hemorrhoid atau Piles). Buah ara mengandung enzim seperti flavonoid dan ficin baik untuk sistem pencernaan.

  • Membasmi mikro-organisme patogenvirus dan, jamur

Buah tin kaya phenol dan benzaldehid yang alami sebagai zat anti tumor dan dapat membasmi mikro-organisme patogen, virus dan jamur.

  • Mengobati asma dan batuk rejan

Buah tin berguna dalam mengatasi gangguan pernafasan termasuk asma dan batuk rejan. Buah tin juga bekerja menormalkan pernapasan Anda.

  • menyembuhkan radang

Jika diterapkan pada kulit, buah ara yang dipanggang dapat menyembuhkan radang seperti bisul-bisul dan abses (bisul bernanah).



  • Sebagai obat luka


Zat-zat aktif yang ada pada buah tin adalah zat-zat pembersih yang dapat dipakai sebagai mengobati luka luar. Caranya dengan melumuri luka dengan buah tin.

  • Obat untuk sakit tenggorokan

Makan buah ini efektif dalam mengobati sakit tenggorokan atau sore throat karena kandungan lendirnya yang cukup tinggi.



Kandungan “coumarins” pada buah tin dapat merawat kulit jug dapat mengurangi resiko terkena kanker pada prostat.


Buah tin juga dapat digunakan sebagai pembersih kulit dan mencegah serta menyembuhkan jerawat. Caranya, makan rutin buah ini atau haluskan buah tin segar lalu oleskan ke wajah, biarkan lebih kurang selama 10 hingga 15 menit. Alasan adalah, buah tin mengandung mineral alkali yang sangat bermanfaat untuk mengatur keseimbangan pH pada tubuh dan berguna untuk kesehatan kulit Anda.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat dan Khasiat Buah Tin Atau Ara" ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Bawang Putih dan Buah Semangka. Terima Kasih!

Ads[300x250]