Manfaat Susu Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsored Link
Ads[300x250]
Manfaat Susu Bagi Kesehatan Tubuh - Susu adalah salah satu sumber kalsium dan vitamin D yang sangat baik. Tidak hanya itu saja manfaat yang terkandung dalam susu, masih ada banyak manfaat lainnya seperti protein, potasium, vitamin A, B12, dan lainnya yang penting bagi kesehatan tubuh. Oh iya, susu adalah cairan berwarna putih yang sangat bergizi yang dihasilkan dari kelenjar-kelenjar susu/mamae (sapa tau aja masih banyak yang blom tau dari mana susu dihasilkan :D). 

Susu sangat bermanfaat bagi manusia, tidak memandang umur maupun bentuk tubuh kita. Nutrisi yang tergantung pada susu sangat membantu manusia untuk memenuhi nutrisi pada tubuh. Langsung saja deh, kita bahas dan baca manfaat susu untuk kesehatan tubuh.

Susu
Manfaat Susu
  • kesehatan tulang

Susu dan produk susu adalah penyedia kalsium, fosfor, magnesium dan protein yang semuanya penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat.

Konsumsi cukup susu dari anak usia dini dan sepanjang hidup dapat membantu untuk membuat tulang kuat dan melindungi mereka dari penyakit seperti osteoporosis(gangguan tulang rapuh melemahkan) di kemudian hari.


Jumlah kalsium dan fosfor dalam susu dan produk susu juga bermanfaat untuk pengembangan dan pemeliharaan kesehatan gigi.

Protein yang paling banyak dalam susu adalah kasein dan pelindung yang membentuk lapisan tipis pada permukaan enamel yang mencegah hilangnya kalsium dan fosfat dari enamel ketika gigi yang terkena asam di mulut.

Penelitian menunjukkan bahwa susu juga mengurangi efek dari makanan kariogenik pada gigi bila dikonsumsi bersama-sama di dalam makanan.

  • Otot kuat

Protein pada susu terdiri atas 80 persen kasein yang penting untuk tubuh. Protein dan kalsium yang terdapat dalam susu membantu Anda untuk membangun otot yang kuat. Meminum segelas susu setelah berolahraga akan membantu menjaga kesehatan otot dan menyembuhkan otot dengan cepat.


Konon banyak bangsawan yang mandi susu untuk menjaga kesehatan kulit mereka. Ini memang tidak salah. Asam amino yang terdapat dalam susu membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Asam laktat yang ada di dalamnya juga membantu kulit tetap halus dan kenyal. Yang Anda perlukan adalah mengoleskan susu pada kulit yang bersih. Biarkan selama 30 menit kemudian bersihkan. Minum susu juga akan membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

  • Tekanan Darah

Peningkatan jumlah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 3 porsi susu setiap hari, bersama dengan 5 porsi buah dan sayuran sebagai bagian dari diet rendah garam dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dewasa dan anak-anak.

Meskipun mekanisme yang tepat yang terlibat tidak jelas, diperkirakan bahwa kalsium, kalium, magnesium dan protein dalam susu semuanya mungkin terlibat.

  • Penyakit Kardiovaskular

Beberapa penelitian telah meneliti susu dan konsumsi susu dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular
.
Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa mereka yang minum susu yang paling memiliki  resiko serangan jantung lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang memiliki sedikit atau tidak ada susu dalam diet mereka.

Koneksi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor dalam susu, namun studi epidemiologi telah menunjukkan bahwa asupan tinggi kalsium khususnya terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Lebih khusus, penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kalsium tinggi dapat mengurangi tingginya tingkat kolesterol jahat dalam darah, dan meningkatkan kadar rendah kolesterol baik yang keduanya merupakan faktor risiko yang diketahui untuk penyakit kardiovaskular.

Selain itu kalsium dapat mengikat lemak berbahaya bersama-sama dalam usus dan mencegah penyerapan mereka, yang dapat mencegah kadar dalam darah meningkat.


Berlawanan dengan kepercayaan, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi susu dan produk susu cenderung lebih ramping daripada mereka yang tidak.

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi susu dan produk susu sebagai bagian dari diet kalori terkontrol berhubungan dengan peningkatan berat badan, terutama membentuk perut. 

  • Diabetes tipe 2

Studi menunjukkan bahwa konsumsi rutin produk susu rendah lemak dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, yang telah menjadi masalah lama pada orang dewasa, dan menjadi semakin sering terjadi pada anak dan remaja
.
Sebuah studi baru-baru ini lebih dari 37.000 wanita paruh baya menemukan bahwa dengan mengkonsumsi asupan tertinggi susu memiliki penurunan risiko diabetes tipe 2Dan ini ditemukan dengan produk susu rendah lemak.

Demikian pula penelitian terhadap laki-laki pada tahun 2005 menemukan penurunan risiko diabetes tipe 2 dengan peningkatan konsumsi pada susu rendah lemak.

Diperkirakan bahwa efek ini mungkin karena efek gabungan dari banyak nutrisi yang bermanfaat yang ditemukan dalam makanan susu termasuk kalsium dan magnesium, atau fakta bahwa makanan susu memiliki indeks glikemik rendah, yang membantu untuk mengontrol kadar gula darah.

  • kanker

Ada bukti yang cukup untuk menunjukkan susu yang memiliki efek perlindungan terhadap risiko kedua kanker kolorektal dan payudara dengan peningkatan intake.

Sebuah studi baru-baru ini yang lebih dari 45.000 pria Swedia melaporkan bahwa pria yang minum 1,5 gelas susu per hari atau lebih, memiliki risiko 35% lebih rendah dari penyakit daripada mereka yang memiliki asupan susu rendah kurang dari 2 gelas per minggu.

Selain itu sebuah studi lebih dari 40.000 perempuan Norwegia menemukan bahwa mereka yang minum susu anak-anak dan terus melakukannya sebagai orang dewasa, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

Kalsium dan lemak alami dalam produk susu dikenal sebagai Conjugated Linoleic Acid (CLA) telah diusulkan sebagai komponen pelindung pada kanker usus besar.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat Susu Bagi Kesehatan Tubuh" ini dapat berguna untuk kita smua. Terima Kasih!
Ads[300x250]