Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sponsored Link
Ads[300x250]
Manfaat Minyak Zaitun - Diekstrak dari buah zaitun, minyak zaitun digunakan dalam memasak, obat-obatan, kosmetik, sabun dan untuk tujuan lainnya bervariasi. Minyak zaitun memiliki rasa yang besar dan aroma dan menawarkan banyak manfaat kesehatan dan nutrisi. Minyak zaitun banyak digunakan dalam penyusunan pasta, ikan, salad dan daging. Mari kita lihat nilai Gizi pada Minyak Zaitun.


Minyak zaitun adalah minyak yang memiliki tinggi kalori dan menyediakan sekitar 900 kalori untuk 100 gram asupan nya. Sebuah sumber yang kaya lemak-terutama asam lemak tak jenuh tunggal umumnya dikenal sebagai MUFA, minyak zaitun juga mengandung polifenol, omega-3 dan trigliserida ester. Setelah anda mengetahui nilai gizi dari minyak zaitun kita akan membahas tentang Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun




  • Mencegah Penyakit Jantung

Asam lemak tak jenuh tunggal hadir dalam minyak zaitun membantu dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh sehingga mengurangi penyumbatan arteri dan pembentukan wabah. Hal ini juga membantu dalam pengurangan pembekuan darah. Minyak zaitun juga merupakan sumber yang baik dari antioksidan seperti fenol dan vitamin-E yang membantu dalam menjaga jantung kuat dan efisien.

  • Mencegah Kanker

Minyak zaitun merupakan sumber yang kaya Omega-3 yang membantu dalam mencegah kanker dan mengurangi laju pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Juga kaya akan antioksidan dan vitamin, minyak zaitun membantu dalam mengurangi mutasi sel dan juga mencegah radikal bebas yang menyerang DNA. Asam oleat dalam minyak zaitun membantu dalam mengurangi produksi prostaglandin yang memproduksi dan mengembangkan sel-sel kanker.

  • Menolong Fungsi Kognitif

Kehilangan memori umum setelah usia tertentu. Kehadiran lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun membantu dalam menurunkan kemungkinan defisit kognitif. Kefasihan lisan dan memori visual tidak menurun banyak jika minyak zaitun yang dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang cukup (3 sendok makan). Ini membantu dalam memerangi banyak masalah terkait otak seperti kadar air seimbang dan fungsi sistem saraf seimbang.

  • Minyak zaitun melindungi dari Diabetes

Diabetes tipe-2 adalah yang paling umum, disebabkan oleh usia, obesitas, kurangnya aktivitas fisik dan turun-temurun keluarga. Sumber yang kaya antioksidan , vitamin dan zat besi. Minyak zaitun sangat membantu dalam mencegah diabetes. Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun merangsang sekresi hormon yang disebut Glucagon-like peptide-1 yang selanjutnya membantu dalam meningkatkan tingkat sekresi insulin di pankreas. Minyak zaitun membantu dalam mengurangi tingkat gula darah dan juga sistem peradangan yang merusak sel-sel beta yang memproduksi insulin di pankreas.


  • Manfaat Lain Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

  1. Minyak zaitun membantu dalam pengurangan tekanan darah tinggi.
  2. Membantu dalam memerangi agregasi platelet dan pembentukan eicosanoid in vitro.
  3. Dua polifenol dalam minyak zaitun-tyrosol dan hydroxytyrosol membantu dalam membangun tulang dan memperkuat mereka.
  4. Manfaat kesehatan dari minyak zaitun termasuk memerangi berbagai masalah pencernaan dan mencegah sembelit.



  • Mempercantik dan melangsingkan tubuh

Hasil riset yang dimuat di The British Journal of Nutrition menyebutkan, penggunaan minyak zaitun untuk menggantikan minyak jenuh selama empat minggu, tanpa mengubah pola makan, mampu mengurangi berat badan hingga 2-3 kg. Penelitian lain menyebutkan, minyak zaitun dapat memecah sel adiposit penyebab obesitas. Minyak Zaitun ini direkomendasikan untuk menggantikan diet minyak lemak jenuh yang sering dikonsumsi.

  • Menjaga kesehatan kulit

Selain sebagai antikanker, minyak zaitun juga mengandung banyak vitamin E yang sangat berguna untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan mengonsumsi minyak zaitun, secara tidak langsung kulit akan terasa lebih kencang, halus, dan sehat.

  • Merawat Kulit

Di samping itu, minyak zaitun juga berguna untuk melembapkan kulit kering saat digunakan sebagai masker. Manfaat lain yaitu dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari.

  • Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Minyak zaitun yang kaya vitamin E ini bermanfaat untuk memelihara dan membuat rambut berkilau. Anda pun dapat melakukan perawatan dengan menggunakan minyak zaitun di rumah.


Campurkan minyak zaitun dan madu dalam jumlah yang sama ke dalam mangkuk. Oleskan ke rambut Anda dari akar hingga ke ujung rambut. Gulung dan tutup rambut dengan kain, handuk, atau shower cap. Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air.


Jika Anda ingin mempunyai rambut panjang yang indah, haluskan biji lemon dan lada, kemudian campurkan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama 20 menit dan cuci dengan shampo.

  • Merawat rambut rusak

Tambahkan kelopak bunga mawar atau ektrak melati dalam minyak zaitun. Simpan dalam botol tertutup selama sedikitnya 24 jam. Usapkan rambut Anda dengan air panas untuk membuka pori-pori kulit kepala. Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala, pijat selama beberap menit.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sekian info dari infomuu buat sahabat. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat minyak zaitun yang bisa diungkap. tapi karena terlalu capek. jadi saya stop disini h3h3. semoga topik kali ini yang bertajuk "Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan" sangat bermanfaat untuk kita smua :D. jangan bosan" untuk berkunjung dan membaca lagi ya. Terima Kasih!
Ads[300x250]