Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsored Link
Ads[300x250]
Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh"Saya tidak suka brokoli. Dan saya tidak menyukainya karena saya masih kecil dan ibu saya memaksa untuk memakannya. Dan aku Presiden Amerika Serikat dan saya tidak akan makan apapun brokoli lagi." -George Bush

Pada tahun yang sama Presiden Bush membuat pernyataan ini, Johns Hopkins University menerbitkan sebuah studi yang menunjukkan brokoli yang mencegah perkembangan tumor kanker sebesar 60 persen dan membantu mengurangi ukuran tumor hingga 75 persen!

manfaat brokoli
Brokoli

Brokoli adalah tumbuhan yang memiliki profil nutrisi yang mengesankan. memiliki kandungan serat yang sangat tinggi(baik larut dan tidak larut) dan merupakan sumber yang kaya vitamin C.

Bahkan, hanya sebagian dari 100 gram brokoli akan menyediakan Anda dengan lebih dari 150% dari asupan harian yang direkomendasikan vitamin C. Brokoli juga kaya akan vitamin A, zat besi, vitamin B kompleks, seng, fosfor dan phyto-nutrisi.

Terus apa saja sih manfaat Tumbuhan Brokoli. Langsung saja kita bahas ke topik utama yaitu Manfaat Brokoli


  • Pencegahan Kanker


Brokoli mengandung glucoraphanin, yang memproses tubuh menjadi senyawa anti-kanker sulforaphane. tubuh pylori dan bakteri yang ditemukan dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Selain itu, brokoli mengandung indole-3-carbinol, senyawa antioksidan kuat dan anti-karsinogen ditemukan, tidak hanya menghambat pertumbuhan kanker payudara, leher rahim dan prostat, tetapi juga meningkatkan fungsi hati.

  • Mengurangi Kolesterol


Seperti sayuran lainnya, brokoli juga dibekali kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan lemak dalam tubuh. Itulah kenapa sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program diet.

  • Mengurangi alergi Reaksi dan Peradangan


Brokoli adalah sumber yang sangat kaya kaempferol dan isothiocyanates, baik nutrisi phyto anti-inflamasi. Penelitian telah menunjukkan kemampuan kaempferol untuk mengurangi dampak zat alergi yang berhubungan pada tubuh kita. Brokoli bahkan memiliki sejumlah besar asam lemak omega-3, yang juga dikenal sebagai anti-inflamasi.

Baca juga artikel lainnya:

  • Antioksidan


Dari semua sayuran, brokoli berdiri sebagai sumber yang paling terkonsentrasi vitamin C-nya, ditambah flavonoid yang diperlukan vitamin C untuk mendaur ulang secara efektif. Brokoli juga terkonsentrasi di karotenoid lutein, zeaxanthin dan beta-karoten, antioksidan kuat lain.

  • Kesehatan Tulang


Brokoli banyak mengandung kalsium dan vitamin K, yang keduanya sangat penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis.

  • Kesehatan Jantung


Sifat anti-inflamasi sulforaphane, salah satu isothiocyanates (ITC) dalam brokoli, mungkin dapat mencegah (atau bahkan membalikkan) beberapa kerusakan pada lapisan pembuluh darah dapat disebabkan oleh peradangan karena masalah gula darah kronis.

  • Detoksifikasi atau Penetralan Toksin


Glucoraphanin, gluconasturtiin dan glucobrassicin adalah fitonutrien khusus yang mendukung semua langkah dalam proses detoksifikasi tubuh, termasuk aktivasi, netralisasi dan eliminasi kontaminan yang tidak diinginkan. Ketiganya berada di kombinasi sempurna dalam brokoli. Brokoli juga mengandung isothiocyanates (yang Anda baca dalam peradangan) yang membantu mengendalikan proses detox pada tingkat genetik.

  • Diet Bantuan


Brokoli merupakan karbohidrat cerdas dan tinggi serat, yang membantu dalam pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah, dan mengekang makan berlebihan. Selain itu, secangkir brokoli memiliki banyak protein seperti secangkir beras atau jagung dengan setengah kalori.

  • mengobati asma


Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan serat makanan. Super food ini juga diyakini memiliki sifat anti-karsinogenik. Mengkonsumsi brokoli kukus setiap hari dapat mengobati penyakit asma.

  • Manfaat brokoli untuk ibu hamil dan bayi


Konsumsi brokoli sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur ibu hamil dapat terhindar dari penyakit anemia yang kerapkali mengintai ibu hamil. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dalam brokoli sangat baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan (janin).

  • Cara mengkonsumsi


Tips penggunaan dalam mengkonsumsi brokoli paling bagus dengan cara dikukus, tidak dianjurkan untuk memasaknya, jikapun mau ditumis jangan terlalu lama karena dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung didalam brokoli. Tetapi, konsumsi yang paling baik adalah dengan tidak memasaknya karena kandungannya tidak akan larut sama sekali.

Adapun cara lain seperti, cara mengukus brokoli yang baik. Uapkan brokoli hanya beberapa menit, sampai berubah menjadi hijau terang. Berhenti mengkukusnya setelah berubah warna. bila mengukusnya terlalu lama dapat menghilangkan nutrisi didalam brokoli.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh" ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Merawat dan Mencegah gigi berlubang dan Manfaat bawang putih. Terima Kasih!
Ads[300x250]