12 Manfaat Garam Laut Untuk Kesehatan

Sponsored Link
Ads[300x250]
Infomuu - Garam merupakan salah satu bumbu makanan sehari hari kita. Tetapi masih banyak orang yang bingung dengan garam, apakah sehat untuk tubuh atau tidak? Hal tersebut juga tergantung dari jenis garam yang ingin dikonsumsi.

Apakah garam laut lebih baik dari garam biasa? Garam dapur atau garam meja mengandung sekitar 97% natrium klorida (NaCl), garam ini dapat menyebabkan penyakit Alzheimers dan masalah kesehatan lainnya.

Mungkin sebagian dari anda harus menghindari garam meja ini karena tidak alami dan tidak memiliki banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebaiknya, Anda harus mengkonsumsi garam laut yang lebih alami.


Berikut ini manfaat dari garam laut alami untuk kesehatan manusia:

  • Hidrasi
Asupan dari air garam alami yang kita konsumsi setiap pagi, sangat baik untuk energi tubuh. Selain itu, dapat juga mengurangi gejala alergi dan mencegah dehidrasi.
  • Gula darah
Insulin sangat bertanggung jawab pada gula darah yang dapat mencegah penyakit diabetes. Asupan garam yang sedikit, membuat insulin menjadi tidak sensitif mengambil glukosa darah. Oleh sebab itu, garam sangat penting bagi insulin untuk mengurangi risiko penyakit diabetes.
  • Meredakan Stres
Asupan dari garam alami dapat mengurangi tingkat hormon stres dan juga kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol inilah yang dapat menyebabkan stres pada manusia. Untuk itu, garam laut alami sangat baik untuk meredakan stres.
  • Pencernaan.
Meminum air garam alami setiap pagi dapat membantu pencernaan dan juga penyerapan. Garam  dapat mengaktifkan enzim pencernaan dalam mulut yang biasa disebut dengan amilase saliva. Garam juga dapat memproduksi asam klorida dalam lambung yang dapat membantu proses pencernaan.
  • Kesehatan gigi
Garam laut yang alami mengandung fluoride, penting sekali untuk menjaga kesehatan gigi. Fluoride inilah yang dapat melindungi gigi dari kerusakan asam dan juga mencegah gigi berlubang. Berkumur secara teratur dengan air garam laut dapat membantu meringankan gusi berdarah, bisul, sariawan dan juga sakit tenggorokan.
  • Arthritis rheumatoid
Garam laut sangat efektif dalam memberikan bantuan terhadap nyeri sendi pada Arthritis rheumatoid. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa garam laut bersifat anti-inflamasi.
  • Tidur nyenyak
Mandi dengan menggunakan garam laut memiliki efek menenangkan ketika tidur dan tidur akan lebih nyenyak. Garam laut juga dapat mencegah air liur yang kleuar dari mulut ketika tidur.
  • Kaki kesakitan
Merendam kaki didalam air garam alami yang hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot kaki, mengurangi rasa sakit, kelelahan, nyeri kaki, hingga pembengkakan pada kaki.
  • Mengurangi lingkaran gelap pada mata
Garam laut juga dapat mengurangi bengkak pada bagian bawah mata Anda. Kompresan garam laut dapat mengurangi lingkaran gelap dan memiliki efek menenangkan di sekitar mata.
  • Mencegah rambut dari Kerontokan
Garam laut alami dapat merangsang pertumbuhan pada rambut. Memijat bagian kulit kepala dengan memnggunakan garam laut dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat folikel rambut.
  • Pengganti elektrolit
Mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, dan juga natrium dapat menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Selama dehidrasi, eletrolit dapat tubuh akan menghilang. Garam laut dapat mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh kita.


Sekian informasi yang dapat dibagikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share atau berbagi kepada orang lain, karena ilmu akan lebih bermanfaat apabila dapat dibagi kesesama. Salam Infomu!
Ads[300x250]