Berbagai Macam Kandungan dan Manfaat Buah Jambu Biji

Sponsored Link
Ads[300x250]
Berbagai Macam Kandungan dan Manfaat Buah Jambu Biji - Tanaman jambu biji, ah sudah pasti nama itu tidak asing lagi bagi telinga kita. Tanaman Jambu biji yang memiliki nama latin Psidium Guajava adalah tanaman Tropis yang tersebar khusus di Benua Asia. Di Indonesia, anda dapat menjumpai tanamanan ini dimana-mana. apalagi daerah menjorok dari kota alias pedesaan. kalo kita bercerita tentang Buah jambu biji, pasti saya langsung teringat akan penyakit DBD(deman berdarah hehe).

Buah Jambu Biji
Ilustrasi Jambu Biji
Jambu Biji sangat kaya kandungan Vit C, bahkan Jambu biji memiliki kandungan Vit C lebih tinggi dari buah jeruk dan bauh kiwi(buah yang sering disebut-sebut rajanya Vit C). Serat larut(pektin) pada jambu biji mengandung banyak sekali mineral yang sangat bagus bagi kesehatan, mineral pada jambu biji adalah mangan dan magnesium, serta asam amino esensial seperti trytophan. Juga fitokimia yang berhasiat seperti asam elagat, asam korbigen dan juga asam linoleat.

Pasti penasaran kan, apa saja sih kandungan gizi dari buah Jambu biji ini? anda dapat melihat serta membaca pada gambar dibawah ini!


http://infomuu.blogspot.com/2014/09/berbagai-macam-kandungan-dan-manfaat-tanaman-buah-jambu-biji.html
Tabel Kandungan Gizi Buah Jambu Biji

setelah kita membahas kandungan gizi pada buah jambu biji, kita bakal melanjutkan pembahasan kita tentang manfaat serta khasiat buah jambu biji.





  • Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C yang tinggi serta senyawa flavonoid membuat jambu biji memiliki sifat antioksidan yang kuat yang mampu menghambat produksi nitrosamin, zat pemicu kanker. Vitamin C yang cukup dalam darah juga mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar. Likopen dalam jambu merah mampu menghambat oksidasi lemak sehingga mencegah kanker.


  • Menyembuhkan Infeksi

Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi saat menderita radang tenggorok atau flu, akan mempercepat penyembuhan akibat infeksi.


  •  Mengatasi Diabetes

Serat pektinnya mampu berperan menurunkan kadar glukosa darah sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  • Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Kadar kalium pada jambu biji membantu jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga serat mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner.


  • Antiradang dan Antivirus

Vitamin C-nya berperan membentuk kolagen yang bermanfaat untuk penyembuhan luka. Senyawa flavonoidnya memiliki kemampuan sebagai antiradang, antialergi, dan antivirus.


  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jambu biji juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kadar kaliumnya, juga seratnya yang mengikat lemak.


  • Khasiat Lain dari jambu biji

Menurut penelitian, daun jambu klutuk dapat membantu menaikkan kadar trombosit pada penderita demam berdarah. Sedangkan buahnya yang kerap dijus lalu diberikan pada penderita demam berdarah tidak berkhasiat menaikkan kadar trombosit tetapi lebih sebagai suplai cairan yang banyak hilang akibat penurunan trombosit.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nah demikianlah informasi tentang Kandungan dan Manfaat Jambu Biji dari infomuu. semoga informasi diatas dapat membantu dan menambah wawasan anda. Terima Kasih anda telah membaca dan berkunjung!
Ads[300x250]