Manfaat dan Fungsi Vitamin K Bagi Tubuh Manusia

Manfaat dan Fungsi Vitamin K Bagi Tubuh ManusiaVitamin K dapat diproduksi dalam usus dan vitamin ini adalah vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, vitaminD dan vitamin E. Vitamin K memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Manfaat vitamin K berguna untuk pembekuan darah dan sebaliknya, bila anda kekurangan vitamin K dapat mengalami pendarahan tanpa henti dan anemia berat. Vitamin K juga mengontrol produksi protrombin dalam hati. Vitamin K juga membantu penyerapan kalsium dari makanan, sehingga membantu pembentukan dan pemeliharaan kesehatan tulang.

Vitamin K dapat menjadi alternatif masa depan untuk mengobati beberapa jenis kanker. Karena vitamin K bertindak sebagai racun bagi sel-sel kanker, tetapi sel tidak sehat/membahayakan. Vitamin K juga mencegah penyakit dan membantu mengontrol kadar gula darah yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer dan diabetes.

Vitamin K
Vitamin K
Vitamin K sendiri dibagi menjadi tiga jenis dengan penghasil sumber yang berbeda-beda, seperti:
  1. Vitamin K1 (phylloquinone) Vitamin ini dihasilkan oleh tumbuhan.
  2. Vitamin K2 (menaquinone) Vitamin ini adalah hasil dari bakteri yang ditemukan pada organ pencernaan dari usus besar.
  3. Vitamin K3 (menadione) Vitamin ini adalah vitamin buatan untuk membantu seseorang yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan untuk menyerap makanan.



  • penggumpalan darah

Vitamin K  dapat memperlambat dan menghentikan pendarahan yang disebabkan cedera.

  • mencegah Osteoporosis

Vitamin K dapat membuat tulang yang sehat, selain kalsium. Vitamin K dapat meningkatkan kualitas tulang dalam tubuh kita. Vitamin ini juga membantu kalsium dan mineral lainnya dalam tulang untuk mengikat bersama-sama.

  • Mencegah kanker

Vitamin K juga dapat melawan sel-sel kanker dalam tubuh. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin K dalam asupan makanan mereka lebih tahan terhadap kanker. Jenis vitamin ini lebih efektif dalam memerangi kanker darah dan usus.

  • Mencegah pendarahan otak

Bayi membutuhkan suntikan vitamin K karena tidak memiliki kadar yang cukup dalam tubuh mereka. Vitamin dapat mencegah anak-anak dari pendarahan di otak.

  • haid

Vitamin K sangat penting bagi anak-anak yang mengalami siklus menstruasi. Ketika tubuh kekurangan vitamin K, Anda akan kehilangan banyak darah selama periode menstruasi. Itu membuat orang merasa lemah secara fisik.


Makanan Kaya Vitamin K

Vitamin K ditemukan dalam berbagai makanan termasuk sayur-sayuran berdaun hijau, daging, dan produk susu. Vitamin K juga dapat berasal dari bakteri usus mensintesis vitamin K, yang kemudian diserap dan disimpan dalam hati. Ada beberapa sayuran dan buah-buahan kaya vitamin K, yaitu:

Sawi. Kandungan vitamin K dalam sawi cukup tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Sawi memiliki kandungan sebesar 419,3 mcg per satu cangkir. Saking tingginya, anda cukup mengonsumsi sawi setiap hari sebanyak satu kali, maka kebutuhan vitamin K anda secara harian akan terpenuhi tanpa harus mengonsumsi lagi suplemen vitamin K. Oleh sebab itu, sawi menjadi sumber vitamin K terbaik yang sangat dianjurkan
.
Asparagus. Kandungan vitamin K dalam 100 gram asparagus adalah 416 mcg. Kandungan vitamin K, yang cukup tinggi.

Kiwi. Kandungan vitamin K dalam buah kiwi pada 100 gram adalah 40,3 mcg atau setara dengan 10% dari vitamin harian K yang dibutuhkan oleh tubuh.

Anggur. Vitamin K dalam anggur pada dosis setara dengan 100 gram 22 mcg atau 21% dari vitamin K per hari. Buah anggur sangat membantu untuk meningkatkan aliran darah ke jantung.

Selada. Untuk dosis 100 gram selada, yang berisi total 128 mcg vitamin K.

Bayam. Kandungan vitamin K dalam bayam hijau atau merah adalah 89 mcg dalam 100 gr.

dan beberapa sayuran dan buah-buahan yang tidak sempat saya jelaskan kandungannya, seperti: alpukat, brokoli, kubis, lobak, buah persik, daun bawang, dan tomat.

Rekomendasi asupan  Vitamin K berdasarkan berat badan

Menurut standar RDA (Recommended Dietary Allowance) vitamin K seseorang tergantung pada berat badannya. Untuk orang dewasa, setidaknya membutuhkan 1 mikrogram setiap hari per kg berat badan. Jadi, jika berat badan Anda 50 kg, kebutuhan untuk mencapai 50 mikrogram per hari.

Kekurangan vitamin K

Jika vitamin K tidak terdapat dalam tubuh, darah tidak bisa menggumpal. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan atau hemoragik. Namun, kekurangan vitamin K jarang terjadi karena kebanyakan orang mendapatkannya dari bakteri dalam usus dan dari makanan. Namun, kekurangan bisa terjadi pada bayi karena sistem pencernaan mereka masih steril dan tidak mengandung bakteri yang dapat mensintesis vitamin K, air susu ibu mengandung hanya sejumlah kecil vitamin K. Oleh karena itu, bayi diberi vitamin K saat lahir.

Pada orang dewasa, kekurangan dapat terjadi karena minimnya konsumsi sayuran atau antobiotik terlalu lama. Antibiotik dapat membunuh bakteri menguntungkan dalam usus yang memproduksi vitamin K. Terkadang kekurangan vitamin K disebabkan oleh penyakit liver atau masalah pencernaan.

Kelebihan Vitamin K

Kelebihan vitamin K hanya bisa terjadi bila vitamin K diberikan secara berlebihan dalam bentuk sintetik menadion. Adapun gejala kelebihan vitamin K seperti hemolysis/ penghancuran sel darah merah, sakit kuning, dan kerusakan pada otak.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat dan Fungsi Vitamin K Bagi Tubuh Manusia" ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Semangka dan Meluruskan Rambut  Terima Kasih!

Manfaat dan Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh Manusia

Manfaat dan Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh Manusia - Vitamin D adalah vitamin yang larut pada lemak seperti halnya vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Vitamin D dapat kita  temukan di dalam berbagai makanan seperti ikan(ikan salmon dan tuna), telur, minyak ikan cod, susu, jamur, gandum, keju, hati sapi, alfalfa, jeruk stroberi, tomat, brokoli, dan masih banyak lagi. 

Vitamin D terbagi menjadi 5 bagian yaitu : Vitamin D1, D2, D3, D4, dan D5.
  1. Vitamin D1 terbentuk dari molekul senyawa dari ergocalciferol dengan lumisterol.
  2. Vitamin D2 ergocalciferol (terbentuk dari ergosterol) Diproduksi oleh hewan invertebrata (Hewan tanpa tulang belakang), jamur, dan tumbuhan dengan bantuan sinar matahari (sinar UV).
  3. Vitamin D3 (dibuat oleh kulit manusia yang terkena sinar matahari).
  4. Vitamin D4 dihydroergocalciferol. (terbuat dari dihydroergocalciferol)
  5. Vitamin D5 sitocalciferol (terbuat dari dehydrositosterol)

Dari lima bentuk vitamin D ini, Vitamin D2 dan Vitamin D3 sangatlah dibutuhkan oleh tubuh. Jadi jaga selalu ya asupan vitamin D anda, karena kalau anda kekurangan asupan vitamin D. anda mungkin akan mendapatkan hadiah yang sangat buruk dalam hidup anda.

ini beberapa hadiah buruk yang mungkin anda dapatkan(bila mengalami kurangnya asupan vitamin D) seperti: tulang dan otot menjadi lemah, serta terjadi estiomalacia dan meningkatnya kadar gula darah, alzheimer, mengalami beberapa penyakit saraf seperti multiple scleorsis, parkinson, preeklamsia, kanker, diabetes, hiperparatiroidisme, hypophosphatemia, osteodistrofi ginjal, dan masih banyak lagi.

Vitamin D
Vitamin D

setelah kita berbincang-bincang sana-sini mari kita lanjutkan lagi ke topik yang lebih jauh, kita akan membahas tentang manfaat dari vitamin D dibawah ini! 



  • Menjaga Tulang


Vitamin D ini memberikan kita keseimbangan yang ideal karena membantu pengerasan tulang sehingga membantu mencegah penyakit seperti arthritis dan osteoporosis.

  • Mencegah kelemahan otot dan tulang


Vitamin D dapat mencegah terjadinya Osteomalasia. Osteomalasia adalah penyebab kelemahan otot dan sistem yang membuat tulang orang menjadi rapuh. Hal ini umumnya dialami oleh orang dewasa yang memiliki masalah karena kurangnya jumlah asupan vitamin D pada tubuh mereka. 

  • Membantu penyerapan nutrisi


Vitamin D membantu usus kita menyerap nutrisi yang dibutuhkan seperti fosfor dan kalsium. Inilah sebabnya mengapa vitamin ini sangat baik untuk perkembangan tulang dan kekuatan. 

  • Bermanfaat untuk kulit


Vitamin D dapat membantu mengurangi keriput dan memperbaiki struktur kulit. Tidak hanya itu saja manfaat dari vitamin D. Vitamin D2 dan vitamin D3 sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai masalah kulit seperti psoriasis, mencegah infeksi luka, serta meremajakan kulit kita. Maka dari itu vitamin ini sering digunakan untuk produk perawatan kecantikan 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat dan Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh Manusia " ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Memutihkan Wajah dan Mengatasi Rambut Rontok Terima Kasih!

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh"Saya tidak suka brokoli. Dan saya tidak menyukainya karena saya masih kecil dan ibu saya memaksa untuk memakannya. Dan aku Presiden Amerika Serikat dan saya tidak akan makan apapun brokoli lagi." -George Bush

Pada tahun yang sama Presiden Bush membuat pernyataan ini, Johns Hopkins University menerbitkan sebuah studi yang menunjukkan brokoli yang mencegah perkembangan tumor kanker sebesar 60 persen dan membantu mengurangi ukuran tumor hingga 75 persen!

manfaat brokoli
Brokoli

Brokoli adalah tumbuhan yang memiliki profil nutrisi yang mengesankan. memiliki kandungan serat yang sangat tinggi(baik larut dan tidak larut) dan merupakan sumber yang kaya vitamin C.

Bahkan, hanya sebagian dari 100 gram brokoli akan menyediakan Anda dengan lebih dari 150% dari asupan harian yang direkomendasikan vitamin C. Brokoli juga kaya akan vitamin A, zat besi, vitamin B kompleks, seng, fosfor dan phyto-nutrisi.

Terus apa saja sih manfaat Tumbuhan Brokoli. Langsung saja kita bahas ke topik utama yaitu Manfaat Brokoli


  • Pencegahan Kanker


Brokoli mengandung glucoraphanin, yang memproses tubuh menjadi senyawa anti-kanker sulforaphane. tubuh pylori dan bakteri yang ditemukan dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Selain itu, brokoli mengandung indole-3-carbinol, senyawa antioksidan kuat dan anti-karsinogen ditemukan, tidak hanya menghambat pertumbuhan kanker payudara, leher rahim dan prostat, tetapi juga meningkatkan fungsi hati.

  • Mengurangi Kolesterol


Seperti sayuran lainnya, brokoli juga dibekali kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan lemak dalam tubuh. Itulah kenapa sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program diet.

  • Mengurangi alergi Reaksi dan Peradangan


Brokoli adalah sumber yang sangat kaya kaempferol dan isothiocyanates, baik nutrisi phyto anti-inflamasi. Penelitian telah menunjukkan kemampuan kaempferol untuk mengurangi dampak zat alergi yang berhubungan pada tubuh kita. Brokoli bahkan memiliki sejumlah besar asam lemak omega-3, yang juga dikenal sebagai anti-inflamasi.

Baca juga artikel lainnya:

  • Antioksidan


Dari semua sayuran, brokoli berdiri sebagai sumber yang paling terkonsentrasi vitamin C-nya, ditambah flavonoid yang diperlukan vitamin C untuk mendaur ulang secara efektif. Brokoli juga terkonsentrasi di karotenoid lutein, zeaxanthin dan beta-karoten, antioksidan kuat lain.

  • Kesehatan Tulang


Brokoli banyak mengandung kalsium dan vitamin K, yang keduanya sangat penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis.

  • Kesehatan Jantung


Sifat anti-inflamasi sulforaphane, salah satu isothiocyanates (ITC) dalam brokoli, mungkin dapat mencegah (atau bahkan membalikkan) beberapa kerusakan pada lapisan pembuluh darah dapat disebabkan oleh peradangan karena masalah gula darah kronis.

  • Detoksifikasi atau Penetralan Toksin


Glucoraphanin, gluconasturtiin dan glucobrassicin adalah fitonutrien khusus yang mendukung semua langkah dalam proses detoksifikasi tubuh, termasuk aktivasi, netralisasi dan eliminasi kontaminan yang tidak diinginkan. Ketiganya berada di kombinasi sempurna dalam brokoli. Brokoli juga mengandung isothiocyanates (yang Anda baca dalam peradangan) yang membantu mengendalikan proses detox pada tingkat genetik.

  • Diet Bantuan


Brokoli merupakan karbohidrat cerdas dan tinggi serat, yang membantu dalam pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah, dan mengekang makan berlebihan. Selain itu, secangkir brokoli memiliki banyak protein seperti secangkir beras atau jagung dengan setengah kalori.

  • mengobati asma


Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan serat makanan. Super food ini juga diyakini memiliki sifat anti-karsinogenik. Mengkonsumsi brokoli kukus setiap hari dapat mengobati penyakit asma.

  • Manfaat brokoli untuk ibu hamil dan bayi


Konsumsi brokoli sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur ibu hamil dapat terhindar dari penyakit anemia yang kerapkali mengintai ibu hamil. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dalam brokoli sangat baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan (janin).

  • Cara mengkonsumsi


Tips penggunaan dalam mengkonsumsi brokoli paling bagus dengan cara dikukus, tidak dianjurkan untuk memasaknya, jikapun mau ditumis jangan terlalu lama karena dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung didalam brokoli. Tetapi, konsumsi yang paling baik adalah dengan tidak memasaknya karena kandungannya tidak akan larut sama sekali.

Adapun cara lain seperti, cara mengukus brokoli yang baik. Uapkan brokoli hanya beberapa menit, sampai berubah menjadi hijau terang. Berhenti mengkukusnya setelah berubah warna. bila mengukusnya terlalu lama dapat menghilangkan nutrisi didalam brokoli.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh" ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Merawat dan Mencegah gigi berlubang dan Manfaat bawang putih. Terima Kasih!

Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh Manusia

Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh Manusia - Vitamin C (asam askorbat). Vitamin C adalah vitamin yang larut air, yang berarti bahwa tubuh Anda tidak dapat menyimpannya. Kita harus mendapatkan apa yang kita butuhkan dari makanan, termasuk buah-buahan seperti jeruk, brokoli, dan tomat. 

Anda membutuhkan vitamin C untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh bagian tubuh Anda. Ini membantu tubuh membentuk kolagen, protein penting yang digunakan untuk membuat pembuluh kulit, tulang rawan, tendon, ligamen, dan darah. Vitamin C diperlukan untuk penyembuhan luka, dan untuk memperbaiki dan memelihara tulang dan gigi

Vitamin C sebagai antioksidan, bersama dengan vitamin E, beta-karoten, dan banyak nutrisi nabati lainnya. Antioksidan memblokir beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, zat yang merusak DNA. Radikal bebas dari waktu ke waktu dapat menyebabkan penuaan dan perkembangannya juga mengakibatkan penyakit pada kesehatan tubuh kita seperti kanker, penyakit jantung, dan arthritis

Vitamin C
Vitamin C

Sangat jarang orang mengalami kekurangan vitamin C secara serius, meskipun bukti menunjukkan bahwa banyak orang mungkin memiliki tingkat rendah vitamin C pada tubuh mereka. Bagi para perokok juga harus berhati-hati lho! karena Merokok dapat menurunkan jumlah vitamin C dalam tubuh, sehingga perokok beresiko tinggi kekurangan Vitamin C. 

Tanda-tanda kekurangan vitamin termasuk rambut kering dan membelah; gingivitis (radang gusi) dan gusi berdarah; kulit menjadi kasar, kering dan bersisik; menurunnya tingkat penyembuhan pada luka, mudah memar; mimisan; dan penurunan kemampuan untuk menangkal infeksi. Suatu bentuk parah dari kekurangan vitamin C dikenal sebagai penyakit kudis

Rendahnya tingkat vitamin C telah dikaitkan dengan sejumlah kondisi, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit kandung empedu, stroke, beberapa jenis kanker, dan aterosklerosis, penumpukan plak di pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Mendapatkan cukup vitamin C dengan mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan beberapa kondisi ini. Tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa mengkonsumsi vitamin suplemen C akan membantu atau mencegah kondisi ini. 



  • penyakit jantung


Hasil penelitian ilmiah tentang apakah vitamin C membantu mencegah serangan jantung atau stroke adalah campuran. Vitamin C tidak menurunkan kadar kolesterol atau mengurangi risiko keseluruhan serangan jantung, tetapi bukti menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu melindungi arteri terhadap kerusakan.

Beberapa penelitian - meskipun tidak semua. Menunjukkan bahwa tindakan vitamin C sebagai antioksidan, dapat memperlambat perkembangan aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Ini membantu mencegah kerusakan LDL ("buruk") kolesterol, yang kemudian terakumulasi sebagai plak di arteri dan dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Studi lain menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu menjaga arteri tetap fleksibel. 

Selain itu, orang yang memiliki kadar rendah vitamin C mungkin lebih cenderung memiliki serangan jantung, stroke, atau penyakit arteri perifer, semua memiliki potensi hasil aterosklerosis. Penyakit arteri perifer adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aterosklerosis pembuluh darah ke kaki. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit saat berjalan, yang dikenal sebagai klaudikasio intermiten. Tetapi tidak ada bukti bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin C akan membantu. 

Hal terbaik untuk dilakukan adalah mendapatkan cukup asupan vitamin C melalui konsumsi makanan Anda. Dengan cara itu, Anda juga mendapatkan manfaat antioksidan dan nutrisi yang terkandung dalam makanan. 

  • Tekanan Darah Tinggi 


Studi berbasis populasi (yang melibatkan kelompok besar untuk mengamati orang dari waktu ke waktu) menunjukkan bahwa orang yang makan-makanan yang kaya antioksidan, termasuk vitamin C. Memiliki resiko lebih rendah dari tekanan darah tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki pola makan yang buruk. Mengonsumsi makanan kaya vitamin C penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, terutama jika Anda berada pada risiko untuk tekanan darah tinggi. Dokter paling sering merekomendasikan untuk pengobatan dan pencegahan tekanan darah tinggi, yang dikenal sebagai DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension). Dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, yang mengandung serat dengan antioksidan. 

  • Menyembuhkan Flu


Meskipun kepercayaan banyak orang bahwa dengan mengkonsumsi vitamin C bisa menyembuhkan flu biasa, namun bukti ilmiah tidak mendukung gagasan itu. Mengkonsumsi suplemen vitamin C secara teratur hanya menghasilkan pengurangan kecil terhadap flu hanya dalam sehari. Satu-satunya bagian lain dari bukti yang mendukung vitamin C untuk mencegah pilek berasal dari studi yang meneliti orang-orang yang berolahraga di lingkungan yang ekstrim (atlet seperti pemain ski dan pelari maraton, dan tentara di Arktik). Dalam studi ini, vitamin C tampaknya mengurangi risiko pilek. 

  • kanker 


Berbagai penelitian berbasis populasi (mengevaluasi kelompok orang dari waktu ke waktu) menunjukkan bahwa makan-makanan yang kaya vitamin C dapat dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari penyakit kanker(memiliki risiko lebih rendah terkena kanker), termasuk kanker kulit, displasia serviks (perubahan pada leher rahim yang dapat menyebabkan kanker atau prakanker), dan mungkin kanker payudara. 

  • Osteoarthritis 


Vitamin C sangat penting bagi tubuh untuk membuat kolagen, yang merupakan bagian dari tulang rawan normal. Hancur tulang rawan pada osteoartritis (OA), menempatkan tekanan pada tulang dan sendi. Selain itu, beberapa peneliti berpikir radikal bebas - molekul yang diproduksi oleh tubuh yang dapat merusak sel dan DNA. Hal ini juga yang memungkin terjadinya penghancuran tulang rawan. Antioksidan seperti vitamin C muncul untuk membatasi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Namun, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C akan membantu mengobati atau mencegah OA.

  • Penyakit Mata


Vitamin C (500 mg) muncul untuk bekerja dengan antioksidan lain, termasuk seng/zinc (80 mg), beta-karoten (15 mg), dan vitamin E (400 IU) untuk melindungi mata terhadap pengembangan degenerasi makula (AMD), penyebab utama hukum kebutaan pada orang di atas usia 55 di Amerika Serikat. 

  • Pre-eklampsia 


Beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin C bersama dengan vitamin E dapat membantu mencegah pre-eklampsia pada wanita berisiko tinggi. Pre-eklampsia, ditandai dengan tekanan darah tinggi dan terlalu banyak protein dalam urin, merupakan penyebab umum dari kelahiran prematur. 

  • Asma 


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar rendah vitamin C lebih sering terjadi pada penderita asma, menyebabkan beberapa peneliti berpikir bahwa rendahnya kadar vitamin C dapat meningkatkan risiko untuk penyakit asma. Studi lain tampaknya menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi vitamin C dapat membantu mengurangi gejala asma akibat olahraga. 


  • Manfaat Lain Vitamin C


  1. Meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh 
  2. Mempertahankan gusi sehat 
  3. Meningkatkan visi bagi mereka dengan uveitis (peradangan bagian tengah mata) 
  4. Mengobati kondisi yang berhubungan dengan alergi, seperti asma, eksim, dan alergi (disebut rhinitis alergi) 
  5. Mengurangi efek paparan sinar matahari, seperti kulit terbakar atau kemerahan (disebut eritema) 
  6. Mengurangi mulut kering, terutama dari obat antidepresan (efek samping yang umum dari obat ini) 
  7. Penyembuhan luka bakar dan luka 
  8. Penurunan gula darah pada penderita diabetes 


  • sumber makanan 


Beberapa sumber yang sangat baik dari vitamin C adalah Jambu biji, jeruk, paprika hijau, semangka, pepaya, jeruk, melon, stroberi, kiwi, mangga, brokoli, tomat, kubis Brussel, kembang kol, kubis, kentang, labu musim dingin, raspberry, blueberry, cranberry, dan nanas.

Vitamin C sensitif terhadap cahaya, udara, dan panas, sehingga Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari vitamin C jika Anda makan buah-buahan dan sayuran mentah atau dimasak sebentar.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh Manusia" ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Menghilangkan bekas jerawat dan vitamin B kompleks. Terima Kasih!

Manfaat dan Fungsi Vitamin B Kompleks Bagi Tubuh Manusia

Manfaat dan Fungsi Vitamin B Kompleks Bagi Tubuh Manusia - Setelah membahas vitamin A dan vitamin E di postingan sebelumnya, infomuu serasa kurang afdol kalau tidak melanjutkan pembahasan tentang manfaat vitamin bagi tubuh untuk temen" dan sekalian juga nambah Ilmu xixix. kembali Ke topik :D! Kenapa disebut sebagai vitamin B kompleks? karena terbagi ke dalam delapan vitamin B - B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12 - yang memainkan peran penting dalam menjaga tubuh kita. Nutrisi yang terkandung dapat membantu mengubah makanan menjadi bahan bakar kita, sehingga memungkinkan kita untuk tetap berenergi sepanjang hari

Vitamin B
Vitamin B
Jadi, apakah itu saatnya untuk mulai menimbun Vitamin B kompleks? Belum tentu, kata ahli diet terdaftar Tanya Zuckerbrot. "Menimbun vitamin B kompleks yang berlebih tidak akan membuat kewaspadaan atau energi menjadi lebih baik" penulis The Miracle Carb Diet. Malah mengkonsumsi vitamin B berlebih memiliki efek samping seperti membuat Kalori dan Lemak Menghilang bersamaan dengan Serat(jadi berhati-hatilah sobat :D).

Kabar baiknya "Kemungkinan rata-rata nutrisi yang dimiliki tubuh kita telah memiliki atau mendapatkan viamin B dari makanan yang kita konsumsi setiap hari" Baca terus agan untuk mengetahui mengapa setiap vitamin B sangat penting, dan pastikan agan" makan-makanan yang tepat untuk mendapatkan banyak Nutrisi dari vitamin B kompleks. 

Penjelasan tentang vitamin B kompleks:

  • B1 (thiamine) 


B1 membantu tubuh membuat sel-sel baru yang sehat. Hal ini sering disebut vitamin anti-stres karena kemampuannya untuk melindungi sistem kekebalan tubuh. Studi juga mengatakan vitamin B1 sangat dibutuhkan untuk membantu memecah karbohidrat sederhana. 

Mendapatkannya dari: Biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, kangkung, sirup gula molasses dan gandum 


  • B2 (Riboflavin) 


Vitamin B2 ini bekerja sebagai antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas (partikel dalam tubuh yang merusak sel) dan dapat mencegah penuaan dini dan perkembangan penyakit jantung. Riboflavin juga penting untuk produksi sel darah merah, yang diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Beberapa studi menunjukkan B2 dapat membantu mencegah migrain, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan. Dan hati-hati, sinar matahari memang sangat baik, tapi efek sinar ultraviolet bagi tubuh dapat mengurangi jumlah riboflavin dalam sumber makanan. 

Mendapatkannya dari: Almond, beras, susu, yoghurt, telur, kubis Brussel, bayam dan kedelai 


  • B3 (Niacin) 


Salah satu penggunaan utama untuk niacin adalah untuk meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol yang baik). Kurangnya vitamin B3 sangat langka di negara-negara maju, meskipun alkoholisme telah terbukti menurunkan kadar B3 pada beberapa individu. Niacin juga telah dimanfaatkan untuk mengobati jerawat

Mendapatkannya dari: Ragi, daging merah, susu, telur, kacang-kacangan dan sayuran hijau 


  • B5 (Asam pantotenat)


Sejumlah kecil vitamin B5 ditemukan dalam hampir setiap kelompok makanan(namanya saja sudah menjelaskan demikian hehe). Pantothenic berasal dari kata pantothen Yunani, yang berarti "dari mana-mana." Selain mogok lemak dan karbohidrat untuk energi, ia bertanggung jawab untuk produksi seks dan hormon yang berhubungan dengan stres, termasuk testosteron. Studi menunjukkan bahwa B5 juga mempromosikan kulit yang sehat dengan kemampuan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit seperti kemerahan dan bintik-bintik kulit.

Mendapatkannya dari: Alpukat, yoghurt, telur, daging dan kacang-kacangan 


  • B6 (pyridoxine) 


Seiring dengan sesama vitamin B12 dan B9, B6 membantu mengatur tingkat acidhomocysteine ​​amino (berhubungan dengan penyakit jantung). Pyridoxine adalah pemain utama dalam suasana hati dan pola tidur karena membantu tubuh memproduksi serotonin, melatonin dan norepinefrin, suatu hormon stres. Beberapa studi menunjukkan vitamin B6 dapat mengurangi peradangan bagi orang-orang dengan kondisi seperti arthritis rheumatioid

Mendapatkannya dari: ayam, kalkun, tuna, salmon, kacang-kacangan, biji bunga matahari, keju, beras merah dan wortel 


  • B7 (Biotin) 


Karena hubungannya dengan rambut sehat, kulit dan kuku, vitamin B7 juga sering disebut "vitamin kecantikan" hehe. Hal ini dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar glukosa darah tinggi, juga. Vitamin B sangat penting selama kehamilan karena sangat penting untuk pertumbuhan normal bayi.

Mendapatkannya dari: Barley, hati, ragi, daging babi, ayam, ikan, kentang, kembang kol, kuning telur dan kacang-kacangan


  • B9 (Folat) 


Anda mungkin pernah mendengar nama lain untuk B9 - asam folat - yang merupakan bentuk sintetis yang digunakan dalam suplemen dan makanan yang diperkaya seperti sereal dan roti. Studi menunjukkan folat dapat membantu menjaga depresi di teluk dan mencegah hilangnya memori. Vitamin ini juga sangat penting bagi wanita yang sedang hamil karena mendukung pertumbuhan bayi dan mencegah cacat lahir neurologis

Mendapatkannya dari: sayuran hijau gelap, asparagus, bit, salmon, sayuran akar, susu, bulgur gandum dan kacang-kacangan 


  • B12 (cobalamin) 


Vitamin B12 adalah pemain tim secara total. Cobalamin Vitamin B12 bekerja dengan memproduksi sel darah merah dan membantu zat besi untuk melakukan tugasnya. Vitamin B12 hanya ditemukan dalam produk hewani.

Mendapatkannya dari: Ikan, kerang, susu, telur, daging sapi dan babi
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat dan Fungsi Vitamin B Kompleks Bagi Tubuh Manusia" ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Buah Semangka dan Menurunkan berat badan atau Diet. Terima Kasih!

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Cepat - Jerawat! Hei Jerawat! Kalo sudah Menyangkut jerawat, pasti rasa pertama kali muncul adalah rasa geram. Sudah bikin wajah menjadi kurang nyaman dan juga rasa sakit yang ditimbulkan bila tersentuh, apalagi flek atau bekas yang ditinggalkan jerawat. Karena banyak sekali fakta yang menunjukkan bahwa lebih mudah menghilangkan Jerawat ketimbang menghilangkan bekas jerawat tersebut.

Bagi anda yang sulit mengatasi permasalahan ini, baca dan simak! mungkin infomasi yang dibagikan infomuu dapat membantu dalam mengatasi salah satu masalah kulit anda. oh iya sekedar infomasi "Jangan pernah anda memencet/memecahkan jerawat anda, karena hal tersebut dapat menyebabkan peradangan pada kulit anda. alhasil dari kebiasaan tersebut adalah Flek/Bekas jerawat yang membandel"
Pasti gak sabar ya ingin langsung tau apa saja sih cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat xixi. Tapi sebelum anda melanjutkan membacanya, infomuu ingin mengingatkan anda sesuatu hal. Setiap tindakan yang kita pilih pasti memiliki keuntungan dan kerugian. berikut kerugian dan keuntungan dari Cara Alami dalam mengatasi bekas jerawat. kerugian yaitu: Repot, ribet, harus konsisten dengan apa yang dilakukan agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal, dan yang paling penting adalah kesabaran. Tapi keuntungan dari apa yang kita lakukan dengan menggunakan cara alami yaitu: sangat aman, harga yang perlu dikeluarkan sangat bersahabat, dan juga bahan yang kita perlukan sangat mudah untuk didapatkan. 

Itulah kerugian dan keuntungan menggunakan cara alami, Tapi berita baiknya, semua pilihan tergantung dengan anda hehe. oh iya, tidak hanya menggunakan Cara Alami saja dalam menghilangkan bekas jerawat. Masih banyak cara lain, semisal menggunakan Produk kecantikan atau menggunakan jasa Klinik kencantikan. Tapi yang pasti, semua cara yang anda ambil memiliki resiko masing-masing. 

Setelah kita ngebahas sana sini. tangan saya sepertinya mulai mengeluh karena pegal hehe. Mari kita bahas ke topik utamanya saja deh(simak baik2 ya :D)!




  • Menggunakan Tomat

Mengusapkan irisan tomat pada lukabekas jerawat terbukti dapat menghilangkan noda yang mengganggu.

  • Menggunakan Jus Ketimun

Jus ketimun merupakan toner kulit alami yang bisa memperbaiki tekstur kulit. Ketimun dapat mengurangi peradangan, menghaluskan kulit dan menyembuhkan luka yang disebabkan jerawat.

  • Menggunakan Putih Telur

Putih telur memang sangat ampuh untuk menjaga kecantikan wajah. Selain mengencangkan kulit, putih telur juga bisa menghilangkan jerawat beserta bekasnya.


Lidah buaya merupakan penyembuh yang mujarab, termasuk untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya tinggal oleskan lendir bagian dalam lidah buaya ke kulit. diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih, penggunaan secara rutin efektif mengurangi bekas jerawat.

  • Menggunakan Air Lemon

Oleskan air perasan jeruk lemon pada noda bekas jerawat dan biarkan beberapa saat sebelum membasuhnya dengan air. Lemon memiliki kandungan yang bisa mencerahkan warna kulit. Lemon juga bisa membuang sel kulit mati serta membuat kulit lebih elastis.


Selain membuat masakan lezat, minyak zaitun juga bisa menghilangkan bekas jerawat. Pijat dengan lembut wajah Anda dengan minyak zaitun terutama di bagian yang terdapat bekas jerawat.


Madu adalah pelembab alami. Masker madu juga telah lama diyakini bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan bersinar.

  • Menggunakan Bengkoang

kandungan air pada Bengkoang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga secara bertahap bekas jerawat akan memudar.

  • Ampas Teh Hitam

Jika Anda suka minum teh hitam, jangan buang ampasnya begitu saja karena ini sangat berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah. Ampas teh hitam juga dipercaya dan sudah terbukti dapat menghilangkan bekas jerawat. Cara penggunaanya sangat mudah yaitu oleskan ampas teh pada bagian noda bekas jerawat, diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih. Penggunaan secara rutin dapat membantu mengurangi noda bekas jerawat di wajah Anda.


Cara penggunaanya dengan mengiris bawang putih kemudian oleskan irisan tersebut pada bagian bekas jerawat, tunggu 10-15 menit kemudian bilas dengan air. Gunakan secara rutin agar memberikan efek yang sempurna, noda bekas jerawat Anda tersamarkan.


Air putih dikenal tidak hanya untuk kebutuhan primer hidup manusia saja, terapi air putih juga telah dikembangkan untuk mengobati berbagai penyakit. Minum air putih sebanyak 8 gelas satu hari akan membantu menjaga kelembaban kulit sehingga akan mengurangi dampak menyebarnya bekas jerawat membandel. Manfaat air sangat banyak sekali, jadi tidak ada salahnya secara rutin mengkonsumsi air ini secara teratur.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Cepat" ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Penyebab Jerawat dan Buah Tin. Terima Kasih!

Manfaat dan Khasiat Buah Tin Atau Ara

Manfaat dan Khasiat Buah Tin Atau Ara - Pernah membaca atau mendengar tentang Buah Tin? Kalau belum. Dapat anda simak dan baca, karena infomuu akan membahas dan berbagi informasi seputar Buah Tin untuk teman". 
Tin adalah salah satu tumbuhan yang dapat menghasilkan buah-buahan yang memiliki begitu banyak manfaat dan khasiat baik untuk kita. kandungan dari buah Tin atau Ara ini juga sangat banyak mulai dari Vitamin A hingga Zinc(dapat anda simak di tabel bawah nanti :D). 

Allah SWT pernah Bersumpah atas nama Tin dan Zaitun karena Kemulian dan Keagungan dari kedua Buah Surgawi ini(QS Surah At-Tin ayat 1). Inilah yang menjadi alasan buah ini sering disebut sebagai "Buah Surga". Buah ini juga disebutkan dalam 4 kitab suci yang ternyata memiliki begitu banyak manfaat bagi manusia. Dan tidak hanya itu. Di dalam sejarah, buah Tin juga sudah terkenal sejak 4000 tahun silam. 

Berikut ini Tabel tentang Kandungan Buah Tin atau Ara:
Kandungan Buah Tin
Belakangan ini, Pohon Tin telah banyak tumbuh dan dibudidayakan secara mordern di negara Timur Tengah, Mediterania dan bahkan sampai di negara kita, Indonesia. Namun tanaman ini masih jarang atau sulit ditemui di Indonesia, karena hanya segelintir orang yang membudidayakan dan mengambil manfaatnya. Padahal di negara Timur Tengah dan Eropa, Buah Tin adalah buah mewah dan mahal, bahkan dulunya hanya dapat dikonsumsi oleh kalangan bangsawan saja.

Hmm, setelah kita berbincang-bincang tentang kandungan dan lain". Pasti anda akan sangat penasaran kan apa saja sih Manfaat dan Khasiat dari buah Surga ini. Yuk! langsung saja simak dibawah ini!



Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

  • menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga dari serangan jantung.

Kandungan omega 3, 6 dan kalium, fenol dan magnesium di dalam buah tin membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga dari serangan jantung.

  • mengurangi kolesterol

Serat larut dari buah tin disebut pektin membantu mengurangi kolesterol darah. Ketika melewati sistem pencernaan, serat pektin akan menyapu bola-bola kolesterol di usus lalu membawanya keluar.

  • mengontrol hipertensi

Buah tin atau buah ara menurunkan dan mengontrol darah tinggi karena buah tin tinggi akan kalium dan mineral berperan mengontrol hipertensi. Orang-orang banyak yang kekurangan kalium karena menghindari makan sayur dan buah-buahan dan banyak mengkonsumsi natrium (bahan yang digunakan pada makanan kemasan atau instan).

  • Kencing manis atau Penyakit diabetes

Serat di dalam buah tin memperlambat proses penyerapan glukosa pada usus kecil. Gabungan zat dalam buah tin yaitu serat tinggi dan karbohidrat dalam bentuk ringkas yaitu glukosa serta fruktosa yang mampu mengontrol kadar dari gula darah. Jadi walau rasa buah tin manis, namun aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan kencing manis.

  • mengurangi risiko kanker

Mengkonsumsi buah tin secara rutin membantu mengurangi risiko kanker Payudara dan kanker kolon (usus besar). Karna buah tin atau ara mengandung “polyphenols” yang cukup tinggi; dimana zat ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang penting bagi tubuh, dimana antioksidan bisa mengurangi efek radikal bebas yang menyebabkan kanker. Selain itu, tingginya kadar serat pada buah tin dapat mengikat zat karsinogen yang memicu timbulnya kanker pada saluran cerna.

  • Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium serta kalium buah tin atau ara dapat mencegah penipisan/pengeroposan tulang atau osteoporosis, sekaligus membantu meningkatkan kepadatan pada tulang. Dalam buah tin/ara mengandung kalsium, jumlahnya lebih tinggi dari kalsium yang terdapat pada susu. Kalium dalam buah ara melawan hilangnya kalsium melalui urin sehingga dapat mencegah kandungan tulang menipis.

  • Terapi Pengobatan

Tingginya kalsium buah tin menjadikan buah ini sebagai kalsium alternatif yang baik, utamanya pada terapi pengobatan bagi orang yang alergi terhadap susu.

  • Menggemukkan Badan

Bagi orang yang kurus, perpaduan buah tin dengan susu bisa membantu meningkatkan berat badan dengan cepat, baik dan seimbang.

  • Mengatasi Insomnia

Triprofan pada buah tin, menginduksi tidur lebih baik dan membantu menyingkirkan pengganggu pada tidur Anda seperti insomnia.

  • Meningkatkan stamina serta memori otak

Mengkonsumsi buah tin memulihkan kondisi badan dari kelelahan setelah beraktifitas, meningkatkan memori otak dan mencegah penyakit anemia. Hasil penelitian menemukan bahwa buah tin termasuk buah dapat meningkatkan pembentukan hemoglobin pada darah.

  • Mengandung senyawa anti-kanker

Buah tin ini TIDAK mengandung lemak, garam dan kolesterol, tetapi mengandung kalium, serat, kalsium dan zat besi yang tinggi. Buah ini memiliki kandungan sodium yang sangat rendah. Buah tin juga kaya benzaldehida (senyawa anti-kanker serta beta-karoten). Selain itu, buah ara juga mengandung vitamin penting bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B, dan juga vitamin C.

  • Memperlancar BAB

Manfaat dari laksatif memperlancar BAB, mengkonsumsi buah tin membantu untuk mengobati penyakit sembelit kronis. Buah tin sejak dahulu dikenal sebagai obat pencahar alami bagi tubuh.

  • Penyembuhan wasir atau ambeien 

Konsumsi harian buah tin adalah obat yang efektif untuk terapi penyembuhan wasir atau ambeien (Hemorrhoid atau Piles). Buah ara mengandung enzim seperti flavonoid dan ficin baik untuk sistem pencernaan.

  • Membasmi mikro-organisme patogenvirus dan, jamur

Buah tin kaya phenol dan benzaldehid yang alami sebagai zat anti tumor dan dapat membasmi mikro-organisme patogen, virus dan jamur.

  • Mengobati asma dan batuk rejan

Buah tin berguna dalam mengatasi gangguan pernafasan termasuk asma dan batuk rejan. Buah tin juga bekerja menormalkan pernapasan Anda.

  • menyembuhkan radang

Jika diterapkan pada kulit, buah ara yang dipanggang dapat menyembuhkan radang seperti bisul-bisul dan abses (bisul bernanah).



  • Sebagai obat luka


Zat-zat aktif yang ada pada buah tin adalah zat-zat pembersih yang dapat dipakai sebagai mengobati luka luar. Caranya dengan melumuri luka dengan buah tin.

  • Obat untuk sakit tenggorokan

Makan buah ini efektif dalam mengobati sakit tenggorokan atau sore throat karena kandungan lendirnya yang cukup tinggi.



Kandungan “coumarins” pada buah tin dapat merawat kulit jug dapat mengurangi resiko terkena kanker pada prostat.


Buah tin juga dapat digunakan sebagai pembersih kulit dan mencegah serta menyembuhkan jerawat. Caranya, makan rutin buah ini atau haluskan buah tin segar lalu oleskan ke wajah, biarkan lebih kurang selama 10 hingga 15 menit. Alasan adalah, buah tin mengandung mineral alkali yang sangat bermanfaat untuk mengatur keseimbangan pH pada tubuh dan berguna untuk kesehatan kulit Anda.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat dan Khasiat Buah Tin Atau Ara" ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Bawang Putih dan Buah Semangka. Terima Kasih!

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan dan Kesehatan - Semangka, buah yang sangat tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Buah yang segar dan sangat lezat ini berasal dari afrika tengah. Watermelon atau semangka, memiliki bentuk seperti melon namun memiliki kandungan air yang lebih banyak dari buah melon. Semangka ini juga termasuk kerabat dari labu, mentimun dan yang pasti masih kerabat melon juga.

Buah Semangka
Buah Semangka
Buah ini sangat pas dikonsumsi saat matahari terik ataupun saat suhu sangat panas karena rasanya yang sangat segar dan juga memiliki kandungan air yang sangat banyak sehingga menghasilkan efek dingin saat dimakan. oh iya sebelum anda melanjutkan membaca tentang manfaat semangka, alangkah baiknya kalo kalo anda melihat dan membaca tabel tentang kandungan buah semangka. Ini dia Tabel kandungan Buah Semangka!




  • Daging Buah Semangka

  1. pingsan karena udara panas (heatstroke)
  2. mengurangi rasa letih
  3. demam, haus disertai mulut kering, napas berbau
  4. air kemih warnanya gelap dan kuning tua, nyeri sewaktu kencing
  5. perut kembung karena banyak gas
  6. susah buang air besar (sembelit)
  7. sakit tenggorok, sariawan
  8. hepatitis
  9. tekanan darah tinggi (hipertensi)
  10. disfungsi ereksi (impoten)
  11. meningkatkan kesuburan pria
  12. keracunan alkohol (alkoholism)
  13. menyembuhkan asam urat tinggi
  14. menghilangkan kerutan di wajah


  • Biji Buah Semangka

  1. busung lapar
  2. usah buang air besar selama hamil atau usia tua
  3. radang hati, radang selaput lendir usus
  4. kurang darah (anemia)
  5. membasmi cacing usus
  6. infeksi kandung kemih
  7. radang hati, radang selaput lendir usus

  • Kulit Buah Semangka

  1. gatal karena tanaman beracun
  2. Menyembuhkan migren
  3. mencegah kerontokan rambut
  4. sakit sewaktu bangun tidur pagi akibat alkohol (hangover)
  5. bengkak karena timbunan cairan pada penyakit ginjal
  6. kencing manis (diabetes melitus)



  • Meremajakan kulit wajah

Untuk meremajakan kulit, ambil 100 gram semangka, kemudian hancurkan. Gunakan  semangka sebagai masker pada seluruh wajah sehingga wajah terasa lebih dingin, segar dan lembab. Efek masker semangka ini juga membersihkan debu dan kotoran hingga ke dalam pori-pori, dengan cara alami yang aman.

  • Melembutkan kulit

Untuk melembutkan kulit, ambil 100 gram semangka, campur dengan 1 sdm yogurt. Aplikasikan pada wajah serta leher dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin.

Semangka di sini mengembalikan kelembaban kulit, sedangkan yogurt dapat melembutkannya dengan jangkauan lebih dalam karena bantuan semangka. Kulit jadi lebih lembut serta bersinar.

  • Mengatasi kerutan di wajah

Karena kaya akan kandungan antioksidan, semangka dapat membantu mencegah kerusakan di kulit serta mengatasi kerutan di wajah sebagai tanda penuaan dini. Caranya adalah campurkan 100 gram semangka dengan alpukat yang telah dihancurkan. Aduk hingga merata kemudian aplikasikan pada seluruh wajah sebagai masker. Diamkan dan rilekskan wajah selama 20 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian akhiri dengan mengompres wajah menggunakan es batu.

  • Mengurangi timbunan minyak pada kulit

Semangka mengandung banyak vitamin A. Vitamin ini dapat mengurangi ukuran pori-pori kulit dan meminimalkan sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

  • Obat jerawat

Memijat kulit dengan masker semangka setiap hari adalah obat alami untuk menyembuhkan jerawat. Jika Anda rentan terhadap jerawat, gunakan semangka untuk mengatasi masalah kulit Anda.

  • Menghilangkan noda hitam di wajah


Sebagai scrub, semangka juga efektif mengatasi noda hitam di wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan 100 gram semangka dengan 2 sdm garam. Kemudian scrub dan massage dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas, dan rasakan kulit yang lebih bersih dan bersinar.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan " ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Penyebab Jerawat dan Memerahkan Bibir. Terima Kasih!