Manfaat dan Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh Manusia

Manfaat dan Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh Manusia - Vitamin D adalah vitamin yang larut pada lemak seperti halnya vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Vitamin D dapat kita  temukan di dalam berbagai makanan seperti ikan(ikan salmon dan tuna), telur, minyak ikan cod, susu, jamur, gandum, keju, hati sapi, alfalfa, jeruk stroberi, tomat, brokoli, dan masih banyak lagi. 

Vitamin D terbagi menjadi 5 bagian yaitu : Vitamin D1, D2, D3, D4, dan D5.
  1. Vitamin D1 terbentuk dari molekul senyawa dari ergocalciferol dengan lumisterol.
  2. Vitamin D2 ergocalciferol (terbentuk dari ergosterol) Diproduksi oleh hewan invertebrata (Hewan tanpa tulang belakang), jamur, dan tumbuhan dengan bantuan sinar matahari (sinar UV).
  3. Vitamin D3 (dibuat oleh kulit manusia yang terkena sinar matahari).
  4. Vitamin D4 dihydroergocalciferol. (terbuat dari dihydroergocalciferol)
  5. Vitamin D5 sitocalciferol (terbuat dari dehydrositosterol)

Dari lima bentuk vitamin D ini, Vitamin D2 dan Vitamin D3 sangatlah dibutuhkan oleh tubuh. Jadi jaga selalu ya asupan vitamin D anda, karena kalau anda kekurangan asupan vitamin D. anda mungkin akan mendapatkan hadiah yang sangat buruk dalam hidup anda.

ini beberapa hadiah buruk yang mungkin anda dapatkan(bila mengalami kurangnya asupan vitamin D) seperti: tulang dan otot menjadi lemah, serta terjadi estiomalacia dan meningkatnya kadar gula darah, alzheimer, mengalami beberapa penyakit saraf seperti multiple scleorsis, parkinson, preeklamsia, kanker, diabetes, hiperparatiroidisme, hypophosphatemia, osteodistrofi ginjal, dan masih banyak lagi.

Vitamin D
Vitamin D

setelah kita berbincang-bincang sana-sini mari kita lanjutkan lagi ke topik yang lebih jauh, kita akan membahas tentang manfaat dari vitamin D dibawah ini! 



  • Menjaga Tulang


Vitamin D ini memberikan kita keseimbangan yang ideal karena membantu pengerasan tulang sehingga membantu mencegah penyakit seperti arthritis dan osteoporosis.

  • Mencegah kelemahan otot dan tulang


Vitamin D dapat mencegah terjadinya Osteomalasia. Osteomalasia adalah penyebab kelemahan otot dan sistem yang membuat tulang orang menjadi rapuh. Hal ini umumnya dialami oleh orang dewasa yang memiliki masalah karena kurangnya jumlah asupan vitamin D pada tubuh mereka. 

  • Membantu penyerapan nutrisi


Vitamin D membantu usus kita menyerap nutrisi yang dibutuhkan seperti fosfor dan kalsium. Inilah sebabnya mengapa vitamin ini sangat baik untuk perkembangan tulang dan kekuatan. 

  • Bermanfaat untuk kulit


Vitamin D dapat membantu mengurangi keriput dan memperbaiki struktur kulit. Tidak hanya itu saja manfaat dari vitamin D. Vitamin D2 dan vitamin D3 sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai masalah kulit seperti psoriasis, mencegah infeksi luka, serta meremajakan kulit kita. Maka dari itu vitamin ini sering digunakan untuk produk perawatan kecantikan 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat dan Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh Manusia " ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Memutihkan Wajah dan Mengatasi Rambut Rontok Terima Kasih!