Manfaat dan Fungsi Vitamin K Bagi Tubuh Manusia

Manfaat dan Fungsi Vitamin K Bagi Tubuh ManusiaVitamin K dapat diproduksi dalam usus dan vitamin ini adalah vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, vitaminD dan vitamin E. Vitamin K memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Manfaat vitamin K berguna untuk pembekuan darah dan sebaliknya, bila anda kekurangan vitamin K dapat mengalami pendarahan tanpa henti dan anemia berat. Vitamin K juga mengontrol produksi protrombin dalam hati. Vitamin K juga membantu penyerapan kalsium dari makanan, sehingga membantu pembentukan dan pemeliharaan kesehatan tulang.

Vitamin K dapat menjadi alternatif masa depan untuk mengobati beberapa jenis kanker. Karena vitamin K bertindak sebagai racun bagi sel-sel kanker, tetapi sel tidak sehat/membahayakan. Vitamin K juga mencegah penyakit dan membantu mengontrol kadar gula darah yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer dan diabetes.

Vitamin K
Vitamin K
Vitamin K sendiri dibagi menjadi tiga jenis dengan penghasil sumber yang berbeda-beda, seperti:
  1. Vitamin K1 (phylloquinone) Vitamin ini dihasilkan oleh tumbuhan.
  2. Vitamin K2 (menaquinone) Vitamin ini adalah hasil dari bakteri yang ditemukan pada organ pencernaan dari usus besar.
  3. Vitamin K3 (menadione) Vitamin ini adalah vitamin buatan untuk membantu seseorang yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan untuk menyerap makanan.



  • penggumpalan darah

Vitamin K  dapat memperlambat dan menghentikan pendarahan yang disebabkan cedera.

  • mencegah Osteoporosis

Vitamin K dapat membuat tulang yang sehat, selain kalsium. Vitamin K dapat meningkatkan kualitas tulang dalam tubuh kita. Vitamin ini juga membantu kalsium dan mineral lainnya dalam tulang untuk mengikat bersama-sama.

  • Mencegah kanker

Vitamin K juga dapat melawan sel-sel kanker dalam tubuh. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin K dalam asupan makanan mereka lebih tahan terhadap kanker. Jenis vitamin ini lebih efektif dalam memerangi kanker darah dan usus.

  • Mencegah pendarahan otak

Bayi membutuhkan suntikan vitamin K karena tidak memiliki kadar yang cukup dalam tubuh mereka. Vitamin dapat mencegah anak-anak dari pendarahan di otak.

  • haid

Vitamin K sangat penting bagi anak-anak yang mengalami siklus menstruasi. Ketika tubuh kekurangan vitamin K, Anda akan kehilangan banyak darah selama periode menstruasi. Itu membuat orang merasa lemah secara fisik.


Makanan Kaya Vitamin K

Vitamin K ditemukan dalam berbagai makanan termasuk sayur-sayuran berdaun hijau, daging, dan produk susu. Vitamin K juga dapat berasal dari bakteri usus mensintesis vitamin K, yang kemudian diserap dan disimpan dalam hati. Ada beberapa sayuran dan buah-buahan kaya vitamin K, yaitu:

Sawi. Kandungan vitamin K dalam sawi cukup tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Sawi memiliki kandungan sebesar 419,3 mcg per satu cangkir. Saking tingginya, anda cukup mengonsumsi sawi setiap hari sebanyak satu kali, maka kebutuhan vitamin K anda secara harian akan terpenuhi tanpa harus mengonsumsi lagi suplemen vitamin K. Oleh sebab itu, sawi menjadi sumber vitamin K terbaik yang sangat dianjurkan
.
Asparagus. Kandungan vitamin K dalam 100 gram asparagus adalah 416 mcg. Kandungan vitamin K, yang cukup tinggi.

Kiwi. Kandungan vitamin K dalam buah kiwi pada 100 gram adalah 40,3 mcg atau setara dengan 10% dari vitamin harian K yang dibutuhkan oleh tubuh.

Anggur. Vitamin K dalam anggur pada dosis setara dengan 100 gram 22 mcg atau 21% dari vitamin K per hari. Buah anggur sangat membantu untuk meningkatkan aliran darah ke jantung.

Selada. Untuk dosis 100 gram selada, yang berisi total 128 mcg vitamin K.

Bayam. Kandungan vitamin K dalam bayam hijau atau merah adalah 89 mcg dalam 100 gr.

dan beberapa sayuran dan buah-buahan yang tidak sempat saya jelaskan kandungannya, seperti: alpukat, brokoli, kubis, lobak, buah persik, daun bawang, dan tomat.

Rekomendasi asupan  Vitamin K berdasarkan berat badan

Menurut standar RDA (Recommended Dietary Allowance) vitamin K seseorang tergantung pada berat badannya. Untuk orang dewasa, setidaknya membutuhkan 1 mikrogram setiap hari per kg berat badan. Jadi, jika berat badan Anda 50 kg, kebutuhan untuk mencapai 50 mikrogram per hari.

Kekurangan vitamin K

Jika vitamin K tidak terdapat dalam tubuh, darah tidak bisa menggumpal. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan atau hemoragik. Namun, kekurangan vitamin K jarang terjadi karena kebanyakan orang mendapatkannya dari bakteri dalam usus dan dari makanan. Namun, kekurangan bisa terjadi pada bayi karena sistem pencernaan mereka masih steril dan tidak mengandung bakteri yang dapat mensintesis vitamin K, air susu ibu mengandung hanya sejumlah kecil vitamin K. Oleh karena itu, bayi diberi vitamin K saat lahir.

Pada orang dewasa, kekurangan dapat terjadi karena minimnya konsumsi sayuran atau antobiotik terlalu lama. Antibiotik dapat membunuh bakteri menguntungkan dalam usus yang memproduksi vitamin K. Terkadang kekurangan vitamin K disebabkan oleh penyakit liver atau masalah pencernaan.

Kelebihan Vitamin K

Kelebihan vitamin K hanya bisa terjadi bila vitamin K diberikan secara berlebihan dalam bentuk sintetik menadion. Adapun gejala kelebihan vitamin K seperti hemolysis/ penghancuran sel darah merah, sakit kuning, dan kerusakan pada otak.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat dan Fungsi Vitamin K Bagi Tubuh Manusia" ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Semangka dan Meluruskan Rambut  Terima Kasih!