Beberapa Faktor Penyebab Rambut Rontok Yang Harus Diketahui

Faktor Penyebab Rambut Rontok - Memiliki rambut indah, panjang, dan halus adalah suatu hal yang menjadi kebanggaan wanita, namun apa sangka bila rambut anda mengalami kerontokan. dan apa saja yang menjadi hal dan penyebab rambut mengalami kerontokan. Infomuu akan mengulas dan membahas apa saja yang menjadi penyebab rambut mengalami kerontokan.

Jumlah wanita yang mengalami kerontokan rambut dan terancam kebotakan terus meningkat. Di Amerika Serikat saja diperkirakan 30 juta wanita mengalami penipisan rambut dikarenakan mengalami kerontokan rambut.


Penyebab Rambut Rontok
Penyebab Rambut Rontok

Tidak hanya untuk kalangan orang-orang tua, sekarang banyak sekali masalah kerontokan rambut juga terjadi dikalangan orang-orang muda, terutama wanita muda. Tetapi, apa dan kenapa yang menjadi alasan rambut ini menagalami kerontokan dan juga mudah tercabut dari akarnya? Berikut faktor Penyebab Rambut Rontok!


1. Faktor Eksternal

  • Gaya Rambut

Ini salah satu faktor yang yang menyebabkan kerontokan rambut, yaitu mengubah-ubah gaya rambut. Sebelum anda merubah gaya rambut anda, pastikan dahulu kesahatan rambut anda. karena ada beberapa gaya rambut yang dapat merusak dan menarik rambut sampai ke akarnya, selain itu juga rambut menjadi mudah patah dan juga rapuh.
  • Radikal Bebas

Radikal bebas adalah salah satu penyebab rambut mengalami kerontokan dikarenakan  zat beracun pada radikal bebas tersebut dapat menyebabkan penuan dini. Pada dasarnya radikal bebas berasal dari polusi udara yang disebabkan oleh asap-asap beracun. akibatnya kulit menjadi keriput, mengalami bintik-bintik hitam pada wajah, dan juga rambut menjadi lebih cepat rontok.

  • Bahan Kimia

Penggunaan bahan kimia untuk mewarnai rambut, meluruskan, dan juga membuat rambut menjadi gelombang secara permanen dapat menyebabkan rambut mengalami kerusakan bila digunakan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan takaran atau aturan yang dianjurkan. Selain itu juga penataan dan mengikat rambut secara berlebihan dapat juga membuat rambut menjadi rontok dan rusak.

2. Faktor Internal

  • Keturunan

Keturunan adalah faktor internal yang sangat berpengaruh besar terkait penyebab kerontokan rambut. Hal ini disebabkan jika salah satu dari orang tua memiliki gen yang dapat menyebabkan rambut rontok, maka anak atau keturunan dapat juga diturunkan gen yang sama dengan orang tua yang dapat menyebabkan rambut rontok. Anda juga dapat mengecek atau ingin mengetahui hal tersebut, anda dapat memeriksakan diri anda ke dokter kulit. 

  • Stres

Saat sedang stres, tubuh memproduksi hormon kortisol dari noradrenalin, hormon ini membuat rambut beristirahat dan tidak memproduksi rambut baru. Jadi selama stres, kerontokan rambut mungkin tak akan bertambah, namun rambut yang rontok tak akan digantikan oleh rambut yang baru. Kabar baiknya, kondisi ini hanya akan berlaku selama kondisi stres berlangsung. Setelah stres berakhir, sel-sel rambut pun akan mulai kembali berproduksi rambut baru.

  • Hormon

Hormon yang tidak seimbang dapat mengalami dan menyebabkan rambut rontok. biasanya penyebab satu ini sering terjadi pada ibu-ibu yang sedang mengandung/hamil, dikarenakan hormon ibu yang sedang mengandung menjadi tidak seimbang dan menyebabkan rambut rontok. 
  • Penyakit

Penyakit diabetes, hiperteroid, kanker dan lupus adalah salah satu penyebab rambut rontok.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian artikel dari Infomuu yang membahas tentang Faktor Penyebab Rambut Rontok. semoga informasi yang saya bagikan diblog ini dapat berguna untuk anda sebagai acuan dan wawasan dalam menjaga kesehatan tubuh. oh iya, anda juga jangan terlalu panik dengan hal ini. karena sekarang banyak solusi dalam mengatasi rambut rontok..Terima kasih!