Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam untuk kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam untuk kesehatan - Bayam merupakan salah satu tanaman yang memiliki begitu banyak kandungan nutrisi yang sangat bagus dan baik untuk tubuh kita. Pemilik nama latin Amaranthus spp, dan termasuk tanaman famili Amaratohideae. Bayam adalah salah satu jenis tanaman yang digolongkan kedalam sayuran yang sering dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi.


Daun bayam sendiri sering dikonsumsi oleh orang indonesia dengan cara disajikan ke dalam bentuk sayur bening. Namun, seiring waktu berjalan banyak orang memanfaatkan daun bayam ini menjadi olahan yang lebih beraneka macam karena memiliki nilai harga jual yang lumayan bagus, maka dari itu banyak orang" kreatif memanfaatkan daun bayam untuk dijadikan sebagai lahan pekerjaan mereka. 


Manfaat Bayam
Daun Bayam

Oh iya, apa saja sih kandungan yang terdapat pada daun bayam ini? ini dia kandugan nutrisi yang terdapat pada 100gr daun bayam. antara lain : 2,3 gram protein; 3,2 gram karbohidrat; 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium.


  • Anti-Peradangan dan Anti-Kanker


Ada lebih dari selusin senyawa flavonoid yang berbeda dalam bayam dan ini adalah agen pertempuran anti-inflamasi dan anti-kanker yang kuat. Bahkan, para peneliti telah menciptakan ekstrak bayam khusus untuk digunakan dalam studi laboratorium yang terkendali. Penelitian medis menunjukkan bahwa asupan bayam berpotensi dapat menurunkan kejadian kanker payudara pada wanita. Ilmu nutria-genomik dan Epigenetik menunjuk nilai poin yang mengesankan pada bayam. Isi flavonoid dan karotenoid memiliki zat anti-inflamasi dan berlimpah dalam daun tanaman bayam.


Jika Anda sedang berada dalam program diet, maka bayam merupakan sayuran yang perlu untuk Anda konsumsi. Bayam mengandung 20 persen serat makanan baik untuk membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah. 


  • Antioksidan


Lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan potensial dan memiliki peran penting dalam melindungi macula dan retina pada umumnya. Penelitian menunjukkan bahwa bayam dapat memainkan peran penting dalam pencegahan terkait usia masalah mata seperti degenerasi makula. Bayam merupakan sumber yang sangat baik dari antioksidan lainnya seperti vitamin C, beta-karoten, dan mangan. Ilmu kedokteran mengetahui bahwa stres oksidatif adalah kontributor kunci untuk berbagai masalah kesehatan termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan penurunan secara keseluruhan dalam umur panjang.

  • Kesehatan Tulang


Vitamin K sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Untungnya, bayam mengandung 200 persen dari nilai harian hanya satu cangkir daun bayam segar. Satu cangkir bayam rebus mengandung lebih dari 1000% dari nilai harian. Nutrisi lain seperti kalsium dan magnesium bayam memainkan peran penting dalam mendukung kekuatan tulang.

  • Gastrointestinal Kesehatan


Antioksidan mempengaruhi untuk membantu meminimalkan kerusakan DNA dan mengurangi risiko kanker usus besar. Kehadiran folat dan vitamin C bersama dengan beta-karoten membuat permata hijau senjata ampuh dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan kita ini.

  • Manfaat Lain Dari Daun Bayam


  1. Tekanan Darah. Protein dan bayam telah terbukti dapat menghambat angiotensin-converting enzyme. Hal ini membantu dalam menurunkan tekanan darah.
  2. Visi. Zeaxanthin dan lutein adalah pelindung terhadap terkait usia visi kerusakan. Degenerasi makula adalah studi terbaik dan paling mungkin memperoleh manfaat dari konsumsi bayam.
  3. Imunitas. Vitamin A sangat penting dalam melindungi selaput lendir termasuk pernapasan, kencing dan saluran usus. Sel darah putih yang disebut lymphocytes mengandalkan Vitamin A untuk membantu melawan infeksi. Satu cangkir bayam mengandung lebih dari 337% dari RDA vitamin A.
  4. Kulit. Konsentrasi tinggi Vitamin A membantu kulit tetap sehat, menjaga kelembaban dan melawan jerawat, penebalan dan keriput.
  5. Kalsifikasi. Kalsium penumpukan dalam pembuluh darah merupakan faktor yang berkontribusi terhadap penyakit jantung dan stroke. Vitamin K ditemukan dalam bayam membantu mencegah kalsium dari deposito pada jaringan dan pembuluh darah.
  6. Fungsi Otak. Selubung pelindung di sekitar saraf kita bergantung pada vitamin K untuk membantu mensintesis penutup ini pelindung vital. Vitamin K ditemukan dalam bayam sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan dari sistem saraf kita. 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam untuk kesehatan" ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Manfaat Susu dan Manfaat Vitamin E  Terima Kasih!