Bagaimana Cara Merawat Serta Mencegah Gigi Berlubang

Bagaimana Cara Merawat Serta Mencegah Gigi Berlubang - Untuk masalah atau penyakit satu ini, kerap sekali kita dijumpai. banyak orang beransumsi dengan meminum obat, dapat menyembuhkan gigi yang berlubang. Padahal itu tidak benar sama sekali, karena gigi yang berlubang dikarenakan kurangnya kebersihan pada mulut kita. Sisa makanan dan plak yang tertinggal lama-kelamaan akan dimanfaatkan oleh kuman yang berada dalam mulut kita, dan digunkan untuk tempat hidup mereka serta sumber makanan. Pada akhirnya kuman akan menghasilkan asam dari hasil pengelohan sisa-sisa makanan tadi, yang dapat menjadikan awal mula terjadinya gigi berlubang.

Ketika lubang semakin dalam dan mencapai bagian dentin(bagian terbesar dari jaringan keras gigi, di bagian mahkota ditutupi oleh enamel dan di bagian akar oleh sementum), maka gejala gigi berlubang ini akan dirasakan. Dimana biasanya ditandai dengan ngilunya gigi saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin, manis, atau makanan yang memiliki rasa bumbu yang pekat.

Merawat serta mencegah gigi berlubang
Merawat dan Mencegah Gigi Berlubang

Jika hal tersebut terus didiamkan, maka lubang pada gigi akan terus membesar, dan sampai ke bagian pulpa, dimana bagian pembuluh darah dan saraf. Jika sampai bagian ini, makan sakit yang dirasakan, akan begitu hebatnya. walaupun anda tidak melakukan aktifitas, gigi akan terus terasa sakit.

maka dari itu Infomuu ingin berbagi informasi Bagaimana Cara Merawat Serta Mencegah Gigi Berlubang. karena saat gigi sudah berlubang akan sangat mengurangi estetika gigi, efikasi gigi, dan juga kesehatan gigi.




  • Rajin Menyikat Gigi

Banyak orang yang mengabaikan akan pentingnya menyikat gigi, padahal menyikat gigi adalah langkah awal dalam menghindari masalah gigi, khususnya gigi berlubang. Sebab, jika tidak menyikat gigi dengan benar dan teratur, sisa-sisa dari makanan yang menempel pada sela gigi dapat merusak struktur gigi dan mengakibatkan gigi berlubang. Untuk itu, biasakanlah menyikat gigi secara teratur.


  • Menghilangkan Plak Gigi

Sikat gigi tidak bisa atau tidak mampu menjangkau kedalam sela-sela gigi serta mengangkat sisa-sisa makanan yang menempel. karena sisa-sisa dari makanan yang tidak dibersihkan itu, ini akan menyebabkan karang gigi atau bisa disebut plak gigi. Hal tersebut dapat membahayakan gusi kita dan mengakibatkan iritasi. Dan juga yang paling dibenci, karang gigi ini akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, tuntaskan plak gigi anda dengan dua alat seperti Dental floss dan obat kumur. Sebagai saran, anda dapat membersihkan plak gigi ke dokter gigi untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal


  • Memperbanyak konsumsi makanan berserat

Makanan yang mengandung banyak serat akan sangat baik pada gigi, karena dapat mencegah sakit gigi serta menyehatkan gusi. hal tersebut dikarenakan makanan yang berserat dapat membantu membersihkan plak gigi yang berasal dari sisa-sisa makanan yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi biasa. Ini contoh makanan yang berserat.

Buah-buahan
    Pisang
    Apel
    Jeruk
    Pepaya
    Beri
    Alpukat


Kacang-kacangan
    Buncis
    Kacang mete
    Kacang almond
    Kacang polong


Sayuran
    Seledri
    Bayam
    Kembang kol
    Brokoli
    Labu
    Lobak




  • Memilih pasta gigi yang mengandung Flouride

Usahakan anda menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. karena kandungan flouride ini dapat mengurasi resiko keropos pada gigi akibat konsumsi makanan yang memiliki rasa manis atau tekstur keras yang berlebih. Pilih pasta gigi yang sudah dianjurkan oleh dokter gigi.


  • Hindari makanan yang dapat merusak gigi

Hal ini sangat dianjurkan oleh para dokter gigi untuk menghindari ataupun mengurangi karena dapat merusak gigi serta mengakibatkan gigi berlubang. ini beberapa contoh makanan yang dapat merusak gigi, seperti:

  1. Coklat
  2. Permen
  3. Minuman energi dan jus
  4. Minuman bersoda
  5. Minumana berkafein dan alkohol
  6. Makanan/minuman panas dicampur dengan makanan/minumana dingin.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Semoga informasi diatas dapat berguna untuk kita semua, infomuu berharap untuk anda-anda yang berkunjung dan membaca, jangan lupa untuk share dan juga like! karena setiap kebaikan akan dibalas dengan kebaikan. Terima kasih!